6 Jenis Makanan Dan Minuman Terbaik Untuk Pleci Biar Cepat Gacor Ngalas

burung pleci
Loading...

Makanan Burung Pleci – Pleci adalah salah satu jenis burung kicau yang sedang menjadi primadona dikalangan kicau mania. Walaupun ukuran tubuhnya cukup mungil, tapi suara kicaunya sangat indah.

Di alam liar, Pleci adalah burung yang gemar berkoloni. Mereka senang bersahutan kicau dengan sesamanya. Bunyi kicaunya merdu, lantang, dan memiliki banyak variasi.

Pleci memiliki bunyi kicau yang sangat khas, yang tidak dimiliki oleh burung kicau lainnya. Bunyi kicau burung Pleci yang khas ini disebut dengan Ngalas.

Bukan hanya Ngalas, kelebihan burung Pleci adalah ia memiliki variasi suara yang berbeda untuk setiap individunya. Jadi akan terdengar lebih seru untuk memelihara lebih dari satu Pleci dirumah.

Suara Ngalas nya inilah yang membuat Pleci menjadi unik dan banyak digemari para penghobi burung kicau.

Tidak heran kalau burung Pleci sering sekali diikut sertakan dalam perlombaan. Tidak kalah dengan burung kicau lainnya seperti Jalak Suren, Lovebird, Kenari, Cucak Ijo, Kacer, Murai Batu, dan lainnya.

Jenis kelamin yang paling banyak diminati adalah biasanya adalah jantan. Karena Pleci jantan dianggap memiliki suara gacor yang lebih merdu dibandingkan dengan betinanya.

Karenanya sangat jarang sekali Pleci betina yang diikut sertakan dalam lomba gantangan. Karena suaranya akan kalah bagus dengan jantannya.

Tapi walaupun suara gacor Pleci jantan lebih bagus dibandingkan betinanya, kamu tetap harus melakukan perawatan yang maksimal. Karena tanpa perawatan, burung Pleci jantan pun tidak bisa mengeluarkan potensi gacor ngalasnya.

Untuk itu, kamu perlu memberi Burung Kacamata ini makanan dan minuman terbaik agar bisa gacor ngalas.

Makanan Burung Pleci Biar Cepat Gacor Ngalas

Ada beberapa makanan yang wajib kamu berikan ke Pleci biar cepat gacor ngalas. Beberapa makanan tersebut antara lain adalah buah-buahan segar, sayuran, dan juga extra fooding atau makanan tambahan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai makanan-makanan tersebut:

1. Buah-buahan Segar

buah buahan segar

Jenis makanan pertama yang sangat baik untuk kesehatan Pleci adalah buah-buahan segar. Buah akan sangat berguna bagi kesehatan Pleci karena mengandung banyak vitamin dari alam.

Dengan memenuhi kebutuhan vitaminnya, maka Pleci dapat tumbuh berkembang dengan maksimal. Berikut ini adalahh beberapa jenis buah-buahan segar yang bagus untuk Pleci biar cepat gacor ngalas:

  • Pisang
  • Apel
  • Pepaya
  • Jeruk
  • Kelengkeng
  • Pear
  • Wolfberry
  • Dan buah lainnya

Untuk pemberian makanan berupa buah-buahan segar, kamu bisa memberikannya setiap hari. Jika buah yang kamu berikan tidak habis keesokan harinya, segera ganti dengan buah baru yang masih segar.

Karena jika Pleci dibiarkan memakan buah yang sudah mengering, kandungan buahnya akan hilang dan menjadi percuma.

Sebelum diberikan kepada Pleci, ada baiknya kamu juga membersihkan terlebih dahulu buah tersebut. Bersihkan dengan air mengalir agar sisa pestisida terbuang dan tidak membahayakan Pleci.

Saran dari Wikicau.com ketika ingin memberikan buah adalah, potong buah dengan potongan yang kecil. Lalu masukkan sisanya ke kulkas agar terjaga kesegarannya dan bisa diberikan esok hari.

2. Sayuran Segar

sayuran segar

Selain sangat menyukai buah-buahan, burung bernama ilmiah Zosterops ini juga sangat menyukai sayur-sayuran segar. Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran segar yang sangat disukai oleh Pleci:

Loading...
  • Mentimun (Timun)
  • Gambas (Oyong)
  • Tomat
  • Wortel
  • Dan lain-lain

Sayur-sayuran diatas sangat bagus manfaatnya untuk Pleci. Salah satu khasiatnya adalah untuk memepercantik bulu dan juga kesegaran tubuh. Dengan begitu Pleci akan selalu terlihat sehat dan aktif.

Jika burung Pleci dalam keadaan mabung, maka mentimun dan gambas bisa membantu mempercepat pertumbuhan bulu. Jadi, berikan dua sayuran ini ketika burung Pleci kamu sedang mabung.

Ketika bulu burung Pleci kamu terlihat kusam, maka berikanlah wortel dan tomat. Karena kedua sayuran ini bisa memperbaiki tampilan bulu Pleci agar terlihat lebih cerah dan berwarna.

Jika sayur-sayuran diatas rutin diberikan ke Pleci, maka penampilan Pleci akan senantiasa terjaga. Terutama pada bulu-bulunya.

Tapi, Wikicau.com mengingatkan bahwa berikanlah sayuran yang masih segar. Segera ganti sayuran jika sudah mulai mengering.

3. Makanan Tambahan / Extra Fooding

makanan ekstra untuk burung

Selain kedua makanan diatas, Pleci juga membutuhkan makanan tambahan atau extra fooding (EF). Makanan tambahan ini berguna untuk memenuhi kebutuhan protein Pleci.

Berikan ini adalah beberapa EF yang bagus untuk Pleci:

  • Ulat kandang (UK)
  • Jangkrik
  • Kroto
  • Ulat hongkong (UH)

Ulat kandang adalah ulat yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan ulat hongkong (UH). Namun kandungan proteinnya cukup tinggi dan sangat baik untuk Pleci.

Pemberian ulat kandang yang sesuai porsi dapat membuat Pleci lebih sering gacor ngalas. Tapi, jangan berikan ulat kandang secara berlebihan karena berpotensi membuat pleci menjadi over birahi.

Sedangkan jangkrik berfungsi untuk meningkatkan stamina Pleci kamu. Dengan begitu Pleci bisa gacor ngalas lebih lama.

Kroto sendiri adalah makanan tambahan yang sangat baik untuk Pleci. Teksturnya lembut dan mudah dikonsumsi oleh Pleci. Kandungan didalamnya juga sangat bagus untuk Pleci.

Pemberian kroto akan membuat Pleci jadi lebih sering bunyi dan gacor seharian. Tapi tetap diingat, jangan memberikan kroto yang berlebihan karena bisa berbahaya juga untuk Pleci.

Untuk ulat hongkong, baiknya berikan 1-2 kali saja sehari. Pagi hari 1, dan sore hari 1. UH berfungsi agar Pleci mau membuka paruh lebih lebar ketika berkicau.

Minuman Pleci Biar Cepat Gacor Ngalas

Perawatan burung Pleci memang bisa dibilang susah-susah gampang, atau mungkin gampang-gampang susah. Tergantung dari seberapa rajin pemiliknya.

Loading...

Di Indonesia sendiri, para pemilik burung Pleci tidak hanya memberikan makanan-makanan seperti diatas untuk Pleci nya, tapi juga minuman-minuman khusus untuk Pleci kesayangannya.

Minuman-minuman racikan dibawah ini diharapkan mampu mendorong Pleci agar mau buka paruh dan berkicau makin keras.

Nah, untuk kamu yang ingin agar Pleci nya cepat gacor dan ngalas, kamu bisa mencoba memberikannya 3 jenis minuman dibawah ini:

1. Tambahkan Multimineral Pada Air Minumnya

makanan dan minuman pleci by Wikicau
sumber: burungnya.com

Banyak para pemula yang hanya memberikan air putih mentah untuk Pleci kesayangannya. Tapi, air tawar ini memiliki pH (tingkat keasaman) yang berbeda-beda.

Jika pH terlalu rendah, maka air berasa menjadi asam. Dan tentu ini tidak disukai oleh Pleci.

Dan jika pH terlelu tinggi, maka air bisa menjadi kental. Ini juga tidak bagus untuk Pleci.

Dampak negatifnya Pleci akan lebih mudah terserang penyakit jika kamu memberikannya minum berupa air tawar, apalagi air mentah.

Untuk mengatasi tingkat keasaman air tawar yang berubah-ubah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan asam sitrat (juga dikenal dengan cuka apel).

Teteskan sedikit cuka apel ke air tawar yang akan diberikan kepada Pleci kesayangan.

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan beberapa tetes Bird Mineral pada air minum Pleci.

Cara sederhana ini bisa menurunkan resiko Pleci terserang penyakit dari air minumnya.

2. Buat Minuman Racikan Khusus Dengan Bawang Putih

racikan minuman pleci alami by Wikicau
sumber: youtube.com

Minuman racikan lain yang juga cukup ppuler dikalangan para pecinta burung Pleci di Indonesia adalah minuman racikan bawan putih.

Jika kamu tertarik untuk membuat minuman racikan ini, catat bahan-bahan yang diperlukannya berikut ini:

  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah jeruk nipis
  • 3 potong kecil bawang merah
  • 3 sendok teh madu alami

Berikut ini adalah proses peracikannya:

Jangan lupa untuk membersihkan bawang putih, kupas semua kulitnya. Kemudian geprek dan haluskan. Kamu bisa menggunakan ulekan atau semacamnya.

Setelah halus, masukkan bawang putih tersebut ke dalam panci berisi 2 gelas air bersih. Kemudian rebus.

Tambahkan gula merah kedalam panci tersebut. Aduk sampai tercampur.

Jika air sudah mendidih dan tercampur, angkat air lalu campurkan dengan perasan jeruk nipis. Jangan lupa juga masukkan 4 sendok teh madu alami yang sudah kamu siapkan tadi.

Aduk semua campuran bahan tersebut hingga benar-benar tercampur secara merata. Kemudian tunggu hingga minuman racikan tersebut dingin.

Setelah dingin, saring dengan menggunakan penyaring teh. Lalu berikan ke wadah tempat minum agar Pleci bisa meminumnya.

Sisanya bisa kamu simpan di botol dan taruh di kulkas sebagai stok.

3. Berikan Larutan Penyegar

minuman yang bagus untuk pleci by Wikicau
sumber: youtube.com

Kamu tahu larutan penyegar kan? Ya, larutan penyegar yang itu.

Dikalangan pecinta burung kicau, larutan penyegar sering digunakan sebagai minuman burung kicau kesayangannya. Termasuk burung Pleci.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa larutan penyegar berguna untuk menghilangkan panas dalam pada manusia. Dengan khasiatnya tersebut, para pecinta burung juga sering memberikan minuman ini kepada burung kicau, termasuk Pleci.

Banyak anggapan bahwa larutan penyegar bisa mengatasi suara Pleci yang serak. Dengan begitu suara kicaunya lebih lancar dan ngalas.

Namun sama seperti pemberian pakan dan minum lainnya, pemberian larutan penyegar untuk Pleci tidak boleh berlebihan. Bisa diseling dengan minuman lainnya.

Wikicau.com merekomendasikan untuk memberikan larutan penyegar ke Pleci sebanyak 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Perawatan Tambahan

Untuk perawatan harian, sebenarnya standar saja, sama seperti melakukan perawatan burung kicau lainnya. Yaitu dengan membersihkan kandang secara teratur (2-4 hari sekali). Mengganti air minum. Mengganti pakan jika tidak habis. Dan memandikannya secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Loading...