5 Makanan Jalak Suren Agar Burung Tambah Gacor Dan Sehat

Loading...

Makanan Jalak Suren – Jalak Suren adalah salah satu jenis burung yang sedang menjadi primadona dikalangan kicau mania. Salah satu alasan kenapa banyak orang menyukai Jalak Suren adalah karena suara burung ini yang merdu.

Bukan cuma itu saja, baik jantan maupun betinanya sama-sama memiliki suara kicau yang merdu. Jadi, kamu tidak perlu bingung memilih antara Jalak Suren jantan ataupun betina. Karena keduanya bisa menghasilkan suara kicau yang menarik.

Itulah salah satu kelebihan burung dari keluarga Sturnidae ini.

Namun, sama seperti burung kicau lainnya, pakan Jalak Suren biar gacor juga perlu diperhatikan. Jika salah dalam pemberian makanan, maka Jalak Suren kamu tidak bisa segacor yang diharapkan.

5 Makanan Jalak Suren Agar Burung Tambah Gacor Dan Sehat

Tapi sayangnya, bagi para pemula sering sekali salah dalam memberikan makanan kepada Jalak Suren nya. Tapi tenang saja, dalam artikel kali ini, Wikicau.com akan merekomendasikan 5 jenis makanan yang disukai oleh Jalak Suren agar cepat gacor dan tetap sehat.

1. Buah-buahan Segar

buah buahan segar

Jenis makanan pertama yang wajib diberikan kepada Jalak Suren agar cepat gacor adalah buah-buahan segar. Jalak Suren sangat menyukai buah-buaha.

Berikut ini adalah buah-buahan yang sangat disukai Jalak Suren:

  • Pepaya
  • Pisang
  • Apel
  • Dan beberapa buah lainnya

Buah-buahan diatas sangat disenangi oleh Jalak Suren di alam liar. Selain bisa membuat Jalak Suren menjadi cepat gacor, buah-buahan juga bisa membuat Jalak Suren tetap sehat karena mengandung banyak vitamin.

Pisang yang biasanya dipilih oleh para penghobi Jalak Suren adalah pisang kepok. Karena memang pisang kepok adalah jenis pisang yang paling disukai oleh Jalak Suren.

Sedangkan untuk apel, banyak para pemilik Jalak Suren lebih memilih apel merah dibandingkan dengan apel hijau. Tapi semua kembali lagi kepada kamu, terserah ingin memberikan apel merah ataupun hijau.

Satu hal yang perlu dicatat mengenai pemberian buah-buahan untuk Jalak Suren adalah, pastikan bahwa buah-buahan tersebut masih segar. Karena jika sudah tidak segar, Jalak Suren tidak mau makan.

Jika dalam waktu 2 hari buah-buahan yang diberikan tidak dihabiskan, maka sebaiknya diganti saja dengan yang baru. Itu harus dilakukan untuk menghindari Jalak Suren kamu memakan buah yang sudah tidak segar.

Untuk pemberian makanan buah ke Jalak Suren, kamu tidak perlu memberikannya setiap hari. Cukup 3 kali dalam seminggu dan diselang-seling.

Misal hari minggu kamu memberikan pisang kepok ke Jalak Suren, kemudian selasa berikan pepaya, lalu jumat berikan apel. Dan begitu seterusnya.

Hal ini bertujuan agar Jalak Suren tidak merasa bosan dengan buah yang diberikan.

2. Makanan Tambahan (Extra Fooding)

makanan ekstra untuk burung

Sama seperti burung kicau lainnya, Jalak Suren juga membutuhkan Makanan Tambahan atau sering disebut dengan Extra Fooding. Makanan tambahan yang bagus untuk Jalak Suren antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kroto
  • Belalang
  • Cacing tanah
  • Jangkrik
  • Ulat hongkong (UH)
  • Dan lain-lain

Walaupun Jalak Suren bisa diberikan makan hanya dengan poor ataupun buah, tapi di alam liar burung ini sangat menyukai makanan tambahan diatas. Jadi jangan sampai tidak memberikan EF diatas.

Makanan tambahan diatas sangat penting untuk diberikan kepada Jalak Suren karena kandungan protein yang tinggi. Dengan begitu Jalak Suren kamu akan lebih sehat dan bisa berumur panjang.

Untuk pemberian kroto, sebaiknya berikan kroto yang masih segar. Jadi untuk menghindari kroto tidak segar, belilah kroto secukupnya saja. Setelah habis baru beli lagi. Agar kroto tidak terlalu lama menginap di rumah yang bisa mengakibatkan kroto menjadi tidak segar lagi dan proteinnya menjadi berkurang.

Selain kroto, Jalak Suren juga sangat menyukai cacing. Untuk pemberian pakan cacing kepada Jalak Suren tidak perlu terlalu sering dilakukan. Cukup berikan cacing kurang lebih 2 kali dalam seminggu. Dan jangan terlalu banyak porsinya. Berikan saja pada waktu pagi hari.

Untuk pemberian ulat hongkong ke Jalak Suren, juga hampir sama porsinya dengan cacing, yaitu 2 kali dalam seminggu. Dan pastikan bahwa kamu memberikannya pada pagi hari.

Nah, untuk jangkrik, kamu bisa memberikan ke Jalak Suren setiap hari dengan porsi yang pas. Porsi jangkrik yang pas untuk Jalak Suren adalah 3 hingga 5 ekor per hari.

3. Poor (Voer)

voer burung

Jenis makanan ketiga yang wajib diberikan ke Jalak Suren agar lebih gacor lagi adalah poor ataupun voer. Memang semua Jalak Suren yang merupakan hasil penangkaran sangat menyukai voer.

Namun ada catatan yang harus kamu ingat dalam pemberian poor ke Jalak Suren, yaitu kamu harus konsisten dalam memberikan merk voer untuk Jalak Suren.

Kenapa harus memberikan merk voer yang sama kepada Jalak Suren?

Itu karena setiap merk voer yang beredar di pasaran memiliki kadar kandungan protein yang berbeda-beda. Jadi jika kamu tidak konsisten dengan satu merk voer, dapat berakibat buruk pada kesehatan Jalak Suren.

Dampak yang paling buruk jika kamu sering gonta-ganti merk voer adalah bulu burung akan menjadi rontok. Bahkan dalam jangka panjang, bulu Jalak Suren akan memudar dan berubah.

Karenanya sejak pertama kali membeli Jalak Suren lolohan, pastikan kamu konsisten memberikan 1 merk voer. Jangan ganti-ganti. Kadar protein yang baik untuk Jalak Suren adalah 12%-18%.

Sedangkan jika kamu membeli Jalak Suren yang sudah mapan (dewasa), tanyakan pada pemilik sebelumnya apa merk voer yang biasa diberikan.

4. Pasir / Serbuk Lembut

bubuk batu bata

Selain memberikan ketiga jenis makanan diatas, kamu juga wajib memberi Jalak Suren dengan pasir atau serbuk lembut. Pasir ataupun serbuk lembut adalah makanan yang dibutuhkan semua jenis burung, termasuk Jalak Suren.

Pasir atau serbuk lembut berguna untuk melancarkan proses pencernaan di dalam perut Jalak Suren. Jika tidak ada pasir, kamu juga bisa menggunakan serbuk lembut lain seperti serbuk batu ataupun genteng yang dihaluskan. Atau jika tidak ada, kamu juga bisa menggunakan batu bata yang dihaluskan.

Loading...

Berikan pasir / serbuk genteng / batu bata yang telah dihaluskan ke wadah ke wadah khusus dan taruh di sangkar Jalak Suren. Dengan begitu Jalka Suren bisa memakannya jika sewaktu-waktu ia merasa bahwa pencernaannya sedang terganggu.

Dengan menjaga kesehatan pencernaannya, maka Jalak Suren kamu juga akan tetap gacor.

5. Air Mineral

air minum burung

Sebenarnya yang kelima ini hanya pelengkap saja, karena bukan termasuk jenis makanan, tapi minuman. Tapi sangat penting untuk diberikan.

Karena semua binatang, termasuk Jalak Suren juga butuh minum. Untuk pemberian air minum, kamu bisa memberikan Jalak Suren dengan air mineral agar kebersihannya terjamin.

Berikan air secukupnya di kandang. Dan jika memungkinkan, ganti air di wadah setiap hari.

Dengan begitu kotoran-kotoran yang menumpuk dan bercampur di air tidak akan dikonsumsi Jalak Suren karena sudah diganti.

Kesimpulan

Jangan heran kenapa Jalak Suren menyukai hampir semua jenis makanan (mulai dari Poor hingga jangkring), karena pada dasarnya Jalak Suren memang burung Omnivora alias pemakan segala.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah, kamu tidak boleh memberikannya satu jenis makanan saja. Berikan semuanya dalam porsi yang sesuai.

Dengan begitu kesehatan Jalak Suren akan terjaga dan kebutuhan protein nya akan terpenuhi. Jalak Suren kamu bisa terus gacor deh kalau sudah begitu.

Tinggalkan komentar

Loading...