8 Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur (99% Berhasil)

cara ternak lovebird
Loading...

Saat ini Lovebird sedang digemari oleh para pecinta burung dari seluruh Indonesia. Ada banyak hal yang bisa “dinikmati” dari memelihara Lovebird. Mulai dari suara ngekek nya yang khas, hingga keindahan warna-warni bulunya.

Tidak heran kalau harga burung ini stabil di angka yang cukup tinggi. Tidak terlalu mahal memang. Tapi juga tidak bisa dibilang murah. Apalagi kalau Lovebird nya memiliki suara ngekek yang panjang, harganya bisa sangat tinggi.

Makanya sekarang ini mulai banyak orang yang coba-coba untuk ternak Lovebird, mengingat burung cinta ini sedang banyak digandrungi para pecinta burung.

Apakah kamu juga salah satu yang sedang ingin mencoba peruntungan dengan beternak Lovebird?

Jika iya, maka tidak ada salahnya. Karena beternak Lovebird ini bisa dilakukan dalam partai besar maupun partai kecil. Maksudnya, berapapun jumlah Lovebird yang ingin kamu ternak tidak masalah.

Tapi, bisa dikatakan ternak Lovebird ini gampang-gampang susah. Gampang jika kamu tahu caranya. Tapi susah jika kamu asal-asalan dalam berternak.

Nah, melalui artikel ini Wikicau.com ingin membantu kamu dalam belajar berternak Lovebird. Cocok untuk kamu yang ingin coba-coba atau memang serius ingin berternak.

Mengingat harga Lovebird yang stabil, maka berternak Lovebird bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan loh. Untuk sekali masa bertelur, Lovebird bisa menghasilkan 4 hingga 6 telur.

Kalau menetas semua, lumayankan. Itu baru satu pasang. Bayangkan kalau kamu memelihara 3, 5 atau 10 pasang. Mantap toh?

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur (99% Berhasil)

Ternak Lovebird
Ternak Lovebird

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berternak Lovebird. Mulai dari mempersiapkan kandang hingga sepasang Lovebird yang ingin dikawinkan. Berikut ini adalah uraian lengkapnya:

Loading...

1. Persiapkan kandang yang sesuai dan nyaman

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai ternak Lovebird adalah kandang. Lupakan dulu untuk membeli Lovebird.

Karena walaupun kamu sudah membeli sepasang Lovebird tapi belum ada kandangnya, sama aja boong. Mau ditaruh dimana itu Lovebird?

Karenanya, belilah dulu sebuah sangkar atau kandang yang akan dijadikan tempat tinggal Lovebird. Kandang yang sesuai untuk ternak Lovebird adalah kandang berukuran 60 cm x 40 cm x 40 cm.

Kandang ukuran ini bisa kamu dapatkan dengan harga antara 120 ribu hingga 150 ribu. Lumayan terjangkau.

Ukuran kandang ini cukup untuk menangkarkan 1 pasang Lovebird. Nah, setelah itu kamu bisa menambahkan kotak sarang atau glodok didalamnya.

Untuk masalah glodok, akan saya bahas selengkapnya di poin nomor 3.

2. Beli sepasang Lovebird yang sudah siap produksi

Jika kandang dengan kriteria diatas sudah kamu miliki, selanjutnya adalah tahap yang sangat penting, yaitu pembelian sepasang Lovebird.

Ketika memutuskan untuk berternak Lovebird, pastikan bahwa kamu membeli burung yang sehat dan sudah siap untuk produksi (kawin dan bertelur).

Calon indukan Lovebird yang sehat akan mempengaruhi keturunannya. Jika induknya sehat, maka anak-anaknya juga akan sehat.

Belilah indukan Lovebird dengan bulu-bulu yang sehat. Secara kasat mata kamu pasti bisa membedakannya, apalagi jika kamu sudah sering berurusan dengan Lovebird.

Loading...

Satu hal lagi, pastikan juga kamu membeli Lovebird jantan yang usianya lebih tua dari betinanya. Jangan sebaliknya.

Dengan begitu pada saat perkawinan terjadi, sang induk jantan bisa mendominasi betinanya.

3. Pasang lampu full spektrum pada kandang Lovebird

Langkah ketiga dalam proses ternak Lovebird adalah pemasangan lampu di kandang.

Jenis lampu yang paling cocok digunakan untuk ternak Lovebird adalah lampu full spektrum.

Kenapa harus lampur full spektrum?

Karena lampu jenis inil memiliki spektrum yang mirip dengan sinar matahari. Jadi sangat berguna untuk kesehatan burung.

Lampu full spektrum rata-rata memiliki suhu warna 5500 Kelvin. Dengan begitu Lovebird merasa seperti berada di alam liar.

Pemberian lampu full spektrum ini sangat penting, terutama jika kamu menempatkan kandang Lovebird didalam ruangan. Dengan begitu lampu ini bisa menggantikan cahaya matahari yang sangat dibutuhkan Lovebird.

Tapi kamu tidak perlu selalu menyalakan lampu ini selama 24 jam penuh. Matikan dimalam hari. Ketika waktunya Lovebird tidur.

4. Taruh kotak sarang (glodok) pada posisi yang pas

Di alam liar, Lovebird senang bertelur didalam rongga-rongga atau lubang pohon. Nah, untuk menggantikan hal tersebut, kita bisa menggunakan glodok.

Loading...

Glodok bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko pakan burung atau semacamnya. Glodok biasanya dibanderol denga harga 20 ribu hingga 30 ribu.

Pastikan bahwa kamu membeli globok khusus untuk burung Lovebird. Karena ada beberapa globok yang dikhususkan untuk Parkit, dengan ukuran yang lebih kecil.

Ketebalan kayu yang paling sesuai untuk ternak Lovebird adalah 2.5 cm. Dengan begitu kehangatan didalam glodok bisa sesuai untuk burung.

Saat membeli glodok, biasanya sudah disediakan serutan kayu didalamnya. Tapi saat ditempati oleh burung, Lovebird biasanya akan menyesuaikan sendiri jumlah serutan kayu yang mereka inginkan.

Lovebird akan membuang sebagian serutan kayu agar jumlahnya sesuai dan nyaman untuk mereka bertelur. Jadi kamu tidak perlu kaget kalau Lovebird membuang sebagian serutan kayu dari dalam glodok.

5. Campurkan dengan pasangan Lovebird lain dalam satu kandang

Jika kamu punya kandang yang ukurannya cukup besar, maka tips nomor 5 ini bisa kamu coba. Hasilnya bisa lebih memuaskan.

Dengan mencampur lebih dari 1 pasang Lovebird di satu kandang, maka bisa memancing pasangan lainnya untuk segera kawin dan bertelur.

Siapkan 2 glodok (atau lebih, tergantung jumlah pasangan) dalam satu kandang.

Kemudian biarkan mereka semua kawin dan bertelur. Ketika salah satu pasangan kawin dan bertelur, maka pasangan lainnya akan ikut melakukan hal yang sama.

Jadi bisa mempercepat proses produksi.

Loading...

6. Berikan pakan khusus untuk meningkatkan birahi Lovebird

Jika kamu memang benar-benar ingin Lovebird cepat bertelur dan mengerami, maka tips nomor 6 ini wajib kamu lakukan.

Berikanlah pakan khusus untuk meningkatkan birahi Lovebird. Dengan begitu indukan Lovebird akan cepat kawin dan bertelur.

Beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan hormon Lovebird antara lain adalah:

  • Kangkung
  • Tauge (toge)
  • Biji kuaci
  • Dan lain-lain

Makanan-makanan diatas sangat baik untuk Lovebird yang ingin di ternak. Terutama untuk betinanya karena bisa merangsang burung untuk segera bertelur.

7. Berikan suplemen agar Lovebird cepat kawin dan bertelur

Selain meningkatkan birahi Lovebird menggunakan pakan pada poin nomor 6, kamu juga bisa mengupayakannya dengan memberikan suplemen untuk Lovebird.

Walaupun cara ini tidak wajib untuk dilakukan, tapi tetap bisa kamu coba.

Karena suplemen ini bisa meningkatkan birahi baik si jantan maupun betina, maka sangat bagus. Kemungkinan bertelur bisa lebih cepat.

Tapi sekali lagi, ini tidak wajib.

Kamu bisa membeli suplemen untuk Lovebird di toko-toko burung atau melalui toko online di internet. Sudah banyak yang menjualnya.

8. Ganti air minum Lovebird secara berkala

Air adalah salah satu komponen terpenting ketika memelihara burung apapun juga. Termasuk ketika ingin berternak Lovebird.

Loading...

Jika asupan air Lovebird terganggu, maka bisa mempengaruhi kesehatan serta mood nya.

Karenanya, jangan sepelekan masalah air.

Berikan air yang cukup dan ganti secara berkala. Baiknya sih 1 hari sekali. Dengan begitu kebersihannya tetap terjaga. Lovebird pun tetap sehat dan siap untuk produksi.

Kesimpulan

Itu dia 8 tips yang bisa kamu lakukan jika ingin berhasil dalam berternak Lovebird. Bisa dicoba terutama untuk kamu yang baru belajar ternak Lovebird.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Loading...