Panduan Lengkap Cara Merawat Burung Cucak Jenggot

Cara Merawat Burung Cucak Jenggot by Wikicau.com 1
Iklan

Memiliki burung kicau peliharaan dengan bunyi suara yang bagus dan indah merupakan salah satu hal yang paling membuat pemiliknya senang.

Bagi sebagian besar pecinta burung menginginkan burung kicau mereka bisa berbunyi dengan gacor seperti jenis burung Cucak antara lain Burung Cucak Cungkok, Cucak Ijo ataupun Cucak Jenggot.

Meskipun burung yang dipelihara hanya sebagai burung peliharaan rumahan tetap saja pemiliki menginginkan suara burung kicau burung mereka bagus.

Apalagi jika tujuan memelihara burung kicau diperuntukkan sebagai burung kontes, memiliki suara yang bagus sudah menjadi sesuatu yang wajib dimiliki.

Sama halnya juga dengan Burung Cucak Jenggot, burung ini dikenal memiliki suara yang lantang dan juga merdu.

Jenis burung kicau ini cukup popular dikalangan pecinta burung kicau termasuk yang ada di Indonesia.

Tiap pemeliharaan burung kicau jenis apapun pasti memiliki metode yang beragam agar cepat gacor.

Iklan

Begitupun dengan Burung Cucak Jenggot, metode yang dipilih dan dijalankan dalam pemeliharaan burung ini juga berbeda-beda.

Seperti halnya dengan perawatan harian dan juga perawatan khusus, burung ini juga diberikan cara perawatan seperti memandikan pada malam hari dan sebagainya.

Untuk lebih mengenal cara perawatan Burung Cucak Jenggot, pembahasan kali ini mengenai beberapa cara yang sudah lazim dan banyak orang yang mempraktekkannya pada Burung Cucak Jenggot.

Baca juga:

Metode Perawatan Burung Cucak Jenggot

Cara Merawat Burung Cucak Jenggot by Wikicau.com 2

1. Perawatan harian

Perawatan harian pada burung memiliki banyak cara dan semua harus Sobat Wikicau ketahui untuk menjalankannya dengan baik.

Metode perawatan harian meliputi cara memandikan burung, menjemur burung, pemeliharaan kandang, pemberian pakan, dan juga pemasteran pada burung.

  • Memandikan Burung

Cara yang dilakukan untuk memandikan burung Cucak Jenggot umumnya sama dengan cara memandikan jenis burung kicau lainnya.

Kamu bisa memandikannya dengan menyemprotkan air pada tubuh burung atau juga bisa dengan memandikannya dengan cara memegang langsung badan burung dengan tangan kamu sendiri.

  • Menjemur Burung

Setelah burung selesai dimandikan biasakan untuk menjemur burung, penjemuran dilakukan untuk membuat burung tidak basah dan kedinginan setelah mandi.

Selain itu, penjemuran juga bisa membuat burung tetap sehat karena terkena sinar matahari secara langsung sangat baik bagi tubuh burung.

Menjemur burung bisa kamu lakukan selama kurang lebih satu sampai dengan dua jam, sekitar pukul 8 sampai 10 pagi adalah waktu yang paling bagus untuk penjemuran.

Karena pada waktu itu sinar matahari tidak terlalu menyengat, sinar matahari siang yang menyengat bisa membuat burung mengalami dehidrasi.

  • Pemeliharaan Kandang

Kandang merupakan tempat tinggal bagi burung, untuk itu kandang yang sehat dan bersih sangat dibutuhkan.

Sobat wikicau harus rajin membersihkan kandang burung, pembersihan kandang bisa kamu lakukan setiap hari pada saat sedang menjemur burung kicau.

Buang kotorsn burung yang menempel pada kandang, pastikan kandang selalu bersih agar burung terhindar dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman yang disebabkan oleh kandang yang kotor.

Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan tempat makan dan minum serta tenggeran untuk burung bisa makan dan bertengger.

  • Pemberian Pakan

Pemberian pakan merupakan salah satu yang paling penting, karena burung kicau harus mendapatkan pakan yang cukup dan bergizi baik agar cepat gacor.

Burung Cucak Jenggot harus mendapatkan pakan yang bergizi, berprotein, dan lemak yang baik bagi pertumbuhannya.

Berikan pakan pada pagi dan sore hari setelah memandikan burung dan pada saat burung akan beristirahat.

  • Pemasteran

Hal yang palin utama ketika memiliki Burung Cucak Jenggot anakan atau bakalan adalah dengan melakukan pemasteran pada burung.

Pemasteran dilakukan untuk membuat burung lebih cepat gacor dan juga membuat suara Burung Cucak Jenggot yang dihasilkan lebih bervariasi.

Pemasteran bisa sobak wikicau lakukan dengan cara memperdengarkan burung dengan suara burung masteran lainnya secara langsung atau juga bisa menggunakan rekaman.

Kamu bisa melakukan pemasteran pada saat menjemur burung atau pada saat malam hari ketika burung sedang beristirahat.

2. Memandikan Pada Malam Hari

Memandikan Burung Cucak Jenggot pada malam hari juga banyak dilakukan oleh para pemelihara burung jenis ini.

Pemandian pada malam hari juga biasa dilakukan oleh beberapa jenis burung kicau lainnya seperti Burung Murai Batu, Lovebird, Burung Anis dan lain sebagainya.

Memandikan burung pada malam hari dipercaya akan meningkatkan semangat burung agar rajin berkicau dan memiliki suara gacor tentunya.

Memandikan burung dimalam hari sebaiknya kamu lakukan sedini mungkin, untuk membuat burung terbiasa mandi malam dan mengatasi burung yang tidak mau berbunyi.

3. Pemberian EF (Extra Fodding)

Selain pemberian pakan yang baik dan bergizi lengkap, pemberian EF atau Extra Fooding sangat baik dilakukan.

EF yang bisa kamu berikan antara lain adalah jangkrik, kroto, dan ulat hongkong.

Voer mengandung banyak manfaat yang baik bagi pertumbuh kembangan Burung Cucak Jenggot.

Pemberian voer bisa kamu lakukan 2 sampai 3 kali seminggu sebagai pakan tambahan disamping pakan utama.

Nah, itulah beberapa cara merawat Burung Cucak Jenggot dirumah. Pemeliharaan yang tepat dan baik bisa membuat burung lebih cepat gacor dan memiliki fisik yang sehat dan siap bertanding dalam keadaan apapun.

Serta membuat burung rajin berbunyi dan memiliki suara yang bervariasi.

Video terbaru dari channel resmi Androbuntu: