Tips Agar Burung Cucak Ijo Ngentrok

Admin Wikicau ยท February 9, 2020

Sekarang memelihara burung kicau merupakan salah satu hobi yang banyak digemari.

Bahkan tidak sedikit orang yang memelihara berbagai jenis burung.

Akan tetapi, puncak kebahagiaan yang dialami oleh para pecinta burung adalah ketika burung peliharannya berkicau.

Akan tetapi, untuk membuat burung tersebut berkicau diperlukan usaha dan kesabaran yang ekstra.

Salah satu burung peliharaan yang menjadi primadona para pecinta burung adalah Cucak Ijo.

Jika Sobat Wikicau ingin burung Cucak Ijo memiliki mental yang kuat, maka modal utama yang harus dimiliki oleh pastikan kondisi burung anda sehat.

Perlu anda tahu bahwa burung dengan nama ilmiah Chloropsis sonnerati ini adalah burung yang mempunyai mental semi fighter.

Maka dari itu, anda perlu memberikan pelatihan yang khusus, terutama ketika anda baru pertama kali membelinya.

Mental yang dimiliki oleh burung Cucak Ijo berbeda dengan spesies burung yang lainnya.

Perbedaannya adalah ketika burung lain memiliki mental tempur pada saat kondisi birahi yang stabil, sementara Cucak Ijo harus dalam kondisi birahi dan emosi yang maksimal.

Tips Membuat Cucak Ijo Ngentrok

Berikut ini akan kami breikan tips untuk membuat burung Cucak Ijo ngentrok dengan mudah.

  • Pertama, anda harus memandikan Cucak Ijo secara rutin. Waktu yang anda perlukan adalah minimal 2 kali sehari atau bisa juga setiap hari. Tujuannya agar burung Cucak Ijo memiliki mental yang sehat dan selalu bemental bagus.
  • Kedua, anda tidak disarankan untuk menjemur burung Cucak Ijo di tempat yang selalu sama. Kebiasaan menjemur burung ini pada satu tempat bisa mengakibatkan mental burung kurang bagus. Yang harus anda lakukan adalah menjemur Burung Cucak Ijo di tempat yang lain agar tidak bosan. Dengan begitu, mentalnya akan terbangun dan akan selalu terjaga dengan baik.
  • Tips yang ketiga adalah anda harus mengajak burung Cucak Ijo jalan-jalan. Ajaklah berkeliling di sekitar rumah dengan cara menggendongnya. Dengan melakukan cara ini, maka burung anda akan mulai mengenal tempat-tempat di sekitarnya sehingga tidak akan bosan.
  • Keempat, anda harus memberika kerodong di malam hari maupun ketika ngurak. Sekedar informasi bahwa ngurak merupakan istilah lain dari merontokkan bulu atau juga disebut mbrodol.
  • Tips yang tidak kalah penting adalah anda harus membawa burung Cucak Ijo untuk berbaur dengan burung yang lainnya. Jika anda memiliki teman atau tetangga, maka cobalah untuk membaurkan burung anda. Hal ini secara tidak langsung melatih mental burung agar lebih baik.
  • Selalu biasakan untuk memberinya makan secara cukup dan jangan sampai telat. Dengan memberikan extra fooding bisa membuat burung anda memiliki keberanian untuk berkicau. Jangan sampai telat makan atau memberikan makanan yang tidak bergizi karena bisa membuat burung enggan mengeluarkan suara.
  • Tips selanjutnya yang jarang diperhatikan adalah anda harus mengganti sangkar burung secara rutin. Tujuannya untuk memberikan suasana baru sehingga mood burung anda pun selalu dalam kondisi bagus.
  • Selanjutnya, Sobat Wikicau harus menggantangkan burung Cucak Ijo di tempat yang ramai. Tips ini biasanya dilakukan oleh para master ketika mereka ingin melatih burung Cucak Ijo untuk diikutkan perlombaan.
  • Tips yang terakhir adalah anda harus sering mengajaknya ke gantangan. Lakukan kebiasaan ini sehingga lama kelamaan mental burung anda akan mulai terbentuk.

Demikian informasi seputar beberapa tips yang ampuh untuk membuat burung Cucak Ijo anda memiliki mental bagus dan selalu ngentrok.

Video Wajib Tonton:

Twitter, Facebook