Penyebab Keringat Berlebih yang Perlu Diketahui

penyebab keringat berlebih
sumber: Androbuntu.com
Iklan

Penyebab keringat berlebih yang sering dialami bermacam-macam, mulai dari gejala yang tidak terlihat sampai gejala yang nampak. Seperti diketahui, keringat berlebih memang sangat mengganggu, terlebih datang disaat yang tidak tepat sehingga membuat kita merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Tidak hanya itu, keringat berlebih juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, kecuali keringat saat melakukan aktivitas seperti olahraga. Maka dari itu, agar terhindar dari keringat yang berlebih, Anda harus mengenali beberapa penyebabnya terlebih dahulu.

Inilah 9 Penyebab Keringat Berlebih

1. Tiroid terlalu Aktif

Berkeringat meskipun berada di tempat yang dingin merupakan gejala dari tiroid terlalu aktif. Hal ini menyebabkan produksi energi mengalami peningkatan serta suhu tubuh yang mengalami kenaikan, sehingga menyebabkan keringat berlebih. Denyut jantung yang begitu cepat dan tidak teratur, tekanan darah yang tinggi, serta berat badan yang turun merupakan pertanda dari tiroid terlalu aktif.

2. Demam

Jika Anda mengalami keringat lebih, merasa panas hingga lebih dari 38 derajat celcius, hingga wajah memerah maka bisa jadi tengah mengalami demam. Hal ini merupakan salah satu penyebab keringat berlebih. Keringat ini timbul karena tubuh mencoba untuk memasang sebuah pertahanan terhadap berbagai penyebab penyakit, seperti; bakteri atau pun virus.

3. Aktivitas Berlebih

Pada aktivitas yang dilakukan dalam skala sering, dapat membuat susunan saraf yang simpatis mengendalikan sebuah pembentukan keringat berlebih. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk beraktivitas berlebih setiap hari.

4. Menderita Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan penurunan pada kadar gula darah. Hal ini ditandai dengan adanya penyakit diabetes, merasa pusing, keringat yang berlebih, bahkan merasa gelisah. Hal ini terjadi karena kelenjar keringat yang overeaktif, sehingga Anda mengalami keringat berlebih.

Advertisements

5. Penyakit Jantung

Salah satu penyebab keringat berlebih ini sering kali diabaikan. Padahal, keringat berlebih merupakan tanda dari jantung yang terganggu. Gejala yang dapat dirasakan, yaitu merasa tidak nyaman di rahang, lengan, dada, dan leher. Periksalah ke dokter untuk mengobatinya.

6. Hiperhidrosis

Jika Anda berkeringat ketika berada di ruangan dingin, maka itu merupakan gangguan dari keringat berlebih. Faktor utama dari hiperhidrosis adalah keturunan, masalah jantung, infeksi, kanker. Saraf yang terlalu aktif merupakan penyebabnya.

Iklan

7. Merasa Cemas

Apa Anda pernah merasa cemas akan suatu hal yang belum terjadi? Misalnya cemas karena menghadapi interview saat melamar kerja. Pada saat cemas, maka detak jantung mengalami peningkatan, pernafasan yang tidak teratur, sehingga suhu tubuh meningkat. Dengan demikian, Anda akan mengeluarkan keringat yang berlebih. Jadi, hindarilah kecemasan.

8. Obat-obatan

Penyebab keringat berlebih salah satunya adalah penggunaan obat-obatan seperti obat disfungsi ereksi, obat dekongestan oral, serta beberapa obat antidrepesan. Ada baiknya jika Anda konsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat terebut, atau mencari alternatif lain untuk tidak mengonsumsinya.

9. Adanya penyakit kanker

Merasa panas di kamar ketika malam hari, berarti tubuh sedang melawan infeksi oleh sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sistem tersebut sedang mengatasi kanker. Namun, jika suhu tubuh masih tetap sama sehingga menghasilkan keringat berlebih secara terus menerus, maka segeralah kunjungi dokter.

Advertisements

Itulah beberapa penyebab keringat berlebih yang bisa Anda ketahui. Tidak ada salahnya untuk mencegah sebelum terjadi agar terhindar dari berbagai gejalanya. Bagi Anda yang sudah mengalami beberapa tanda tersebut, alangkah baiknya jika Anda konsultasi ke dokter.

Iklan

Video Wajib Tonton: