7 Cara Membasmi Semut Membandel dan Nakal di Dalam Rumah

cara membasmi semut
sumber: Androbuntu.com
Iklan

Semut adalah salah satu serangga yang memiliki populasi paling banyak di dunia. Para ahli binatang memperkirakan bahwa ada lebih dari satu juta semut per satu manusia di muka bumi ini. Kesimpulannya, setiap rumah pasti ada semutnya.

Semut akan keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Terutama pada saat tengah musim hujan atau saat ada makanan yang berceceran. Atau juga pada saat ada minuman manis yang tumpah. Sering, orang mempertanyakan bagaimana cara yang tepat untuk mengusir semut-semut nakal dan membandel ini.

Di sini, saya akan memberikan sembilan cara membasmi semut yang ampuh banget.

Kapur Anti Serangga

Menggunakan kapur anti serangga juga bisa menjadi cara jitu untuk membasmi semut yang nakal. Kapur ini terbuat dari kalsium karbonat yang aromanya tidak disukai oleh serangga, termasuk semut.

Cara membasmi semut menggunakan kapur ini cukup mudah, kamu hanya perlu menggambar lingkaran di jalan masuk dan keluarnya semut.

Advertisements

Tepung Terigu

Kamu bisa menaburkan tepung terigu di sekitar jalan semut atau lubang keluar masuk semut. Konon, semut tidak akan bisa menerobos jalur tepung ini.

Pot Terbalik

Bukan hanya semut hitam saja yang mengganggu dan menjengkelkan, semut api yang berwarna merah pun sama menyebalkannya dengan semut hitam. Apalagi jika semut api tersebut sampai menggigit kulit hingga menyebabkan bentol gatal yang rasanya sangat panas seperti terbakar.

Iklan

Cara membasmi semut api di sekitar pekarangan rumah adalah dengan menempatkan pot bunga terbalik di atas lubang sarang semut tersebut. Kemudian tuangkan air mendidih melalui lubang pembuangan air pot da akhirnya semut tidak akan keluar dari sarangnya.

Lemon

Buah yang rasanya asam ini juga bisa digunakan sebagai cara membasmi semut secara alami. Semut tidak menyukai aroma asam yang ditimbulkan dari buah lemon ini.

Caranya kamu bisa membuat jus lemon kemudian masukkan dalam botol semprot. Aplikasikan pada jalur semut. Kamu juga bisa meneteskan perasan air lemon ke lubang semut. Terakhir, kamu bisa menempatkan irisan kecil kulit lemon pada celah jendela atau pintu.

Advertisements

Selain sebagai cara membasmi semut buah lemon juga bisa digunakan untuk mengusir kecoa dan kutu loh. Bermanfaat sekali ‘kan buah ini?

Lada

Jika semut di rumahmu mulai banyak, kamu bisa menaburkan lada hitam bubuk atau cabe bubuk di sekitar keberadaan semut. Aroma dari kedua bumbu dapur ini yang panas dan pedas mampu membuat semut enggan naik ke permukaan.

Garam

Cara membasmi semut dengan garam sama seperti memakai tepung terigu. Kamu cukup menaburkan garam dengan ketebalan garis sekitar tiga sampai lima centimeter di sepanjang rumah semut atau kamu bisa menaburkannya di seluruh pinggir teras rumahmu.

Kamu bisa menjebak akses keluar masuk semut dengan gundukkan garam yang memanjang tersebut. Alhasil, semut tidak akan bisa keluar dari sarangnya dan masuk ke dalam rumah lagi.

Bedak Talc

Selain menggunakan bahan-bahan alami, kamu juga bisa memakai bedak talc sebagai cara membasmi semut yang bandel di dalam rumah. Kamu bisa menyebarkan bubuk talc di sekitar teras rumah dan tempat sarang semut seperti pintu dan jendela.

Advertisements

Selain bedak talc, bubuk organic seperti krim tartar, bubuk boraks, bubuk belerang, dan minyak cengkeh juga bisa menjadi cara usir semut. Anda juga dapat mencoba menanam mint di sekitar fondasi rumah untuk usir semut secara perlahan.

Iklan

Video Wajib Tonton: