Daftar Harga Burung Ciung Batu Bulan Ini

Admin Wikicau ยท October 1, 2020

Daftar Harga Burung Ciung Batu Bulan Ini

Burung Ciung Batu adalah salah satu jenis burung kicau yang cukup digemari oleh para pecinta burung kicau, karena memiliki suara yang bagus.

Namun biasanya Burung Ciung Batu sedikit sulit untuk dirawat hingga menjadi burung kicau yang bagus, karena burung ini juga dikenal sebagai burung yang malas berbunyi.

Namun, jika perawatan yang diberikan sesuai dan juga benar.

Maka tidak salah jika burung jenis ini memang digemari karena suaranya yang merdu.

Suara Burung Ciung Batu sangat kencang jika dilatih dengan baik, karena biasanya burung ini dipelihara dari hasil tangkapan hutan jadi suara yang dihasilkan juga tidak bervariasi.

Suara yang dihasilkan oleh Burung Ciung Batu juga tergantung dari jenisnya, ada beberapa jenis Burung Ciung batu diantaranya Burung Ciung Batu Kecil, Burung Ciung Batu Kalimantan, Burung Ciung Batu Sumatera, Burung Ciung Batu Siul.

Selain banyak jenis Burung Ciung Batu, harga yang ditawarkan pun berbeda-beda.

Untuk Sobat Wikicau yang tertarik memelihara burung ini, Wikicau akan memberikan ulasan mengenai jenis-jenis Burung Ciung Batu dan juga harganya.

Jenis-jenis Burung Ciung Batu

1. Burung Ciung Batu Kecil

Jenis Burung Ciung Batu yang pertama adalah Burung Ciung Batu Kecil, burung jenis ini tersebar diberbagai daerah mulai dari Jawa, Kalimantan, Bali, Sumatera dan juga Sunda Besar.

Namun terdapat perbedaan ditiap daerah tempat tinggalnya, secara fisik dan juga nama baik Burung Ciung Batu betina maupun jantan.

Pada beberapa daerah Burung Ciung Batu dikenal juga dengan sebutan Burung Ciung Mungkal, karena daerah persebarannya yang luas membuat jenis burung ini memiliki perbedaan yang terlihat jelas.

Untuk rasnya sendiri di Kalimantan adalah Borneensis, dengan burung jantan berwarna ungu tua sedangkan betinanya berwarna coklat tua.

Sedangkan untuk ras Sumatera adalah Castaneus, dengan jantan memiliki ciri-ciri terdapat mahkota dikepalanya dan juga dagu, tengkuk serat dadanya berwarna ungu tua.

Untuk yang tersebar di wilayah Jawa dengan ras Glaucinus, pada burung jantan memiliki warna tubuh bagian atas adalah biru tua dan pada bagian bawah berwarna hitam kusam.

Sedangkan untuk betina, memiliki warna bulu yang hitam dan terlihat kusam dengan paruh berwarna hitam pula.

2. Burung Ciung Batu Sumatera

Jenis Burung Ciung Batu yang kedua adalah Burung Ciung Batu Sumatera, burung ini tersebbar diberbagai daerah di pulau sumatera.

Dikanal dengan nama Myophonus Casteneus sebagai nama latinnya, burung jenis ini juga memiliki beberapa perbedaan yang terlihat.

Untuk Burung Ciung Batu Sumatera Jantan memiliki warna biru ungu tua pada bagian mahkota, dada, tengkuk serta dagunya.

Namun seiring waktu akan berubah menjadi coklat paada bagian perut, sayap serta ekornya.

3. Burung Ciung Batu Siul

Selanjutnya adalah Burung Ciung Batu dengan jenis bernama Burung Batu Siul, burung jenis ini tersebar bukan hanya di daerah bagian Indonesia saja.

Namun juga tersebar diberbagai negara di Asia Tenggara, India dan juga Cina srta beberapa negara lainnya.

Untuk Habitatnya, di Indonesia sendiri tersebar d wilayah Jawa dan juga Sumatra.

Sesua dengan namanya, Burung Ciung Batu jenis ini memang dikenal dari ke-khasan suaranya yang berkualitas tinggi bahkan bisa dijadkan sebagai salah satu burung masteran.

Untuk ukuran burung ini biasanya lebih besar dibandingkan jenis Burung Ciung batu lainnya diberbagai daerah, dengan warna bulu hitam dengan bintik putih pada bagian sayapnya serta warna ungu berkilau pada bagian sayap dan ekornya.

4. Burung Cung Batu Kalimantan

Sama seperti jenis Burung Ciung Batu lainnya, jenis ini dinamakan Burung Ciung Batu Kalimantan karena daerah persebarannya berada di pulau Kalimantan.

Dengan beberapa ciri berbeda dari jenis lainnya seperti dari warnanya, burung jangatn memiliki warna ungu tua sedangkan betina berwarna coklat.

Harga Burung Ciung Batu

Untuk harga jenis Burung Ciung Batu pun beragam tergantung dari mana kamu membelinya dan juga dari kualitas burung itu sendiri, seperti contohnya burung anakan dan yang sudah gacor tentunya berbeda harga.

Namun, biasanya tiap Burung kicau memiliki harga pasaran yang berbeda-beda begitupun dengan jenis Burung Ciung Batu seperti pada tabel berikut:

Jenis Burung Ciung Batu Harga
Burung Ciung Batu Jawa 350.000
Burung Ciung Batu mungkal Jawa 500.000
Burung Ciung Batu mungkal Jawa sepasang 1.100.000
Burung Ciung Batu Siul Bakalan 200.000
Burung Ciung Batu Siul 450.000
Burung Ciung Batu Siul Gacor 800.000
Burung Ciung Batu Kalimantan 400.000
Burung Ciung Batu Kalimantan Sepasang 1.100.000
Burung Ciung Batu Jantan Gacor 600.000

Tabel harga Burung Ciung Batu

Harga tiap jenis Burung Ciung Batu memang berbeda tergantung dari ras dan juga kemampuan burung itu sendiri.

Namun untuk harga burung kicau, Burung Ciung Batu meang termasuk burung dengan harga yang lumayan mahal.

Untuk itu perawatan hariannya juga harus diperhatikan dengan baik, mulai dari pakan hingga pemberian multivitamin dan kandang tempat tinggalnya.

Itulah beberapa ulasan mengenai janis-jenis dan juga harga Burung Ciung Batu, jika kamu tertarik untuk memeliharanya kamu bisa cek jenis dan juga harganya melalui ulasan diatas. Terimakasih.

Flashdisk Wikicau

Males download suara masteran satu per satu? Beli aja flashdisk Wikicau di Shopee

Video Wajib Tonton:

Twitter, Facebook