Tips Jual Beli Motor, Wajib Anda Baca

Tips Jual Beli Motor, Wajib Anda Baca
Loading...

Jual beli motor harus memperhatikan semua aspek terkait kendaraan tersebut. Sepeda motor merupakan barang yang memiliki batas kadaluarsa pada sparepartnya. Karena itu, dalam membeli motor tidak bisa melihat hanya bagian luarnya saja. Justru, keadaan dalam sangat penting karena berkaitan langsung dengan kondisi dari motor tersebut. Nah, bagi anda yang belum mengetahui caranya maka jangan khawatir. Kami akan memberikan informasi lengkap tips jual beli motor dijamin memuaskan!

Saat ini, sudah banyak sekali tempat untuk melakukan jual dan beli motor. Bahkan, anda dapat melakukan tukar tambah dengan motor lama. Hal ini jelas menguntungkan jika anda bosan dengan motor yang lama. Namun, dalam melakukan proses tersebut tetap harus memperhatikan banyak aspek. Karena, di era sekarang ini sangat mudah untuk mempercantik motor yang telah rusak parah. Untuk itu, simak pembahasan tips jual beli motor yang akan kami bahas secara lengkap pada artikel ini.

Beberapa Tips Jual Beli Motor

Alih-alih ingin untuk saat jual beli, justru buntung saat anda belum memahami tips yang benar. Ini dia tips yang harus anda pahami dengan benar.

1. Pahami harga pasaran

Penting ! sebelum membeli sepeda motor harus memahami harga pasaran yang ada. Cek apakah harga yang ditawarkan wajar,tren dari motor tersebut naik. Cara termudah yang dapat dilakukan yaitu cek langsung di grup jual beli facebook daerah anda. Karena, harga tersebut sudah pasti akan menyesuaikan dengan segmen masing-masing.

2. Cek Kelengkapan kendaraan

Motor yang baik yaitu memiliki semua kelengkapan surat kendaraan. Pastikan bahwa STNK dan BPKB dari sepeda motor masih ada dan aktif. Bagaimana jika salah satunya atau semuanya tidak ada? Anda perlu curiga jika suratnya digunakan untuk keperluan lainnya. Selain itu, jika semua surat masih ada maka anda harus cek keaslian dari nomor rangka motor. Pastikan semuanya sesuai dengan surat dan kondisi motornya !

3.Cek Kondisi Motor Dan Rantai

Salah satu hal yang sangat penting yaitu dengan melakukan cek kondisi motor. Jika anda tidak paham motor, sangat di sarankan untuk membawa teman yang paham akan kondisi motor. Mengapa hal ini penting? Karena, anda ingin motor yang berkualitas pastinya. Keadaan mesin harus masih normal, tidak berbunyi dan rusak. Selain itu, untuk rantai harus masih keadaan bagus. Bodi motor harus utuh dan dalam kondisi standar.

4. Cek Kondisi Ban

Tidak hanya bagian mesin saja, namun ban juga masih harus di perhatikan. Terutama, jika anda membeli motor bekas. Kondisi dari ban yang baik dapat dilihat apakah masih tebal atau sudah halus. Anda juga bisa melakukan cek untuk ban bagian dalam apakah sudah ada tambalan atau belum. Jangan ragu untuk mengecek semua bagian.

5. Lakukan Test Drive

Belum lengkap rasanya jika membeli motor tidak melakukan test drive. Justru, pengecekan terbaik yang dilakukan yaitu dengan melakukan percobaan mengendarai motor tersebut. Saat mengendarai, anda bisa mencoba banyak fitur yang seharusnya berjalan dengan baik. Seperti rem, lampu,transmisi,speedometer,gas,dan lainnya.

Melakukan jual beli motor bukanlah hal yang sulit. Namun, anda tidak ingin rugi bukan? Untuk itu, pastikan untuk selalu memastikan sepeda motor yang dibeli layak dan sesuai pada kebutuhan anda. Dengan memahami tips diatas, dijamin akan lebih aman dalam semua proses jual beli sepeda motor. Semoga bermanfaat !

Loading...