Burung Murai Batu Borneo

Murai Batu Borneo by Wikicau
Iklan

Bagi para pecinta burung kicau khususnya Burung Murai Batu, pasti sudah mengenal Burung Murai Batu Borneo.

Burung Murai Batu Borneo adalah Burung Murai batu yang berasal dari Pulau Kalimantan.

Memang jenis-jenis Murai Batu banyak berasal dari berbagai daerah di pulau-pulau Indonesia seperti Burung Murai Batu yang berasal dari Pulau Sulawesi.

Beredar mitos yang mengatakan bahwa Burung Murai Batu Borneo kalah dengan Murai Batu dari Sulawesi, namun hal tersebut ternyata tidak benar.

Karena kualitas baik dan buruknya seekor burung berasal dari cara kamu merawatnya bukan karena rasnya.

Banyak sekali pecinta Burung Murai Batu yang berburu burung jenis ini sampai ke berbagai daerah, seperti yang sudah banyak orang ketahui bahwa Burung Murai adalah salah satu jenis burung yang mahal.

Namun hal tersebut tidak menyurutkan minat para pecinta burung ini untuk memeliharanya, namun sebelum memelihara burung ini alangkah baiknya kamu mengenal karakternya terlebih dahulu.

Iklan

Baca juga:

Jenis-jenis Burung Murai Batu Borneo

Burung Murai batu Borneo memiliki 3 jenis berdasarkan rasnya yaitu: Murai Batu Palangka, Murai Batu Mahkota dan Murai Batu Banjar.

Untuk lebih jelasnya akan Wikicau berikan penjelasan dari ketiga jenis Burung Murai Batu Borneo ini beserta dengan ciri-ciri masing-masing.

1. Burung Murai Batu Palangka

Burung Murai Batu Palangka adalah jenis Burung Murai Batu Borneo yang berasal dari Pulau Kalimantan bagian tengah khususnya di daerah Palangka.

Ciri-cirinya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Ukuran badannya sedang dengan panjang yang relatif lebih panjang dibandingkan burung Murai Batu Borneo lainnya yaitu sekitar 16-20cm.
  • Warna pada dadanya adalah coklat dengan warna kaki coklat dengan kombinasi warna lain seperti hitam, kuning dan juga merah.
  • Ketika bertarung, burung ini akan mengembangkan bulu-bulu yang ada di bagian perut dan juga dada.

2. Burung Murai Batu Mahkota

Burung ini disebut sebagai burung Murai Mahkota karena ada corak putih diatas kepalanya yang menyerupai mahkota.

Ciri-cirinya antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki ukuran tubuh yang kecil hingga sedang, dan panjang ekor yang relatif paling pendek diantara jenis Burung Murai Batu Borneo dari ras lain yaitu sekitar 9-11cm.
  • Memiliki warna bulu dada berwarna coklat muda dan kakinya yang terlihat lebih gelap dibandingkan jenis ras lainnya yaitu hitam dan hitam pekat.
  • Gaya bertarung burung ini yaitu akan membulatkan tubuhnya hingga menyerupai bola.

3. Burung Murai Batu Banjar

Yang terakhir adalah Burung Murai Batu Banjar, burung ini adalah jenis Burung Murai Batu Borneo yang paling sering dijadikan sebagai burung kontes dibandingkan dua ras sebelumnya.

Ciri-cirinya antara lain sebagai berikut:

  • Ukuran tubuhnya lebih bervariasi mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar.
  • Dibandingkan dengan Burung Murai Batu Mahkota, burung ras ini memiliki ekor yang lebih panjang yaitu dapat mencapai hingga 15cm.
  • Warna bulu dadanya coklat muda, sedangkan pada bagian kaki memiliki warna yang lebih bervariasi dari warna gelap hingga terang dan juga putih.
  • Burung ini memiliki gaya bertarung kombinasi dari kedua ras sebelumnya yaitu dengan mengembangkan bulu-bulunya hingga membentuk bulat seperti bola.

Itulah beberapa jenis Burung Murai Batu Borneo yang bisa kamu ketahui dan mungkin berminat untuk memelihara salah satu dari ketiga ras Burung Murai Batu Borneo tersebut.

Video terbaru dari channel resmi Androbuntu: