Mengenal Kucing Hutan dan Bagaimana Cara Menjinakkannya

Loading...

Kucing hutan merupakan salah satu spesies hewan yang cukup diminati orang untuk dipelihara. Bukan karena bulunya yang panjang dan halus, melainkan kucing hutan memiliki sifat yang lebih agresif, pemberani dan aktif. Kucing hutan atau kucing liar saat ini menjadi daya tarik pecinta hewan untuk memeliharanya. Namun perlu diingat juga bahwa untuk memelihara hewan ini butuh proses dan tidak mudah.

Maka dari itu pada pembahasan kali ini kami akan menyajikan artikel mengenal kucing hutan dan bagaimana cara menjinakan kucing hutan. Sedikit informasi bahwa kucing hutan berbeda dengan kucing pada umumnya. Dimana kucing ini dapat mencari mangsanya sendiri, bahkan yang berukuran lebih besar dari mereka. Hal inilah yang membuat banyak orang penasaran tentang kucing hutan. Nah langsung saja anda simak pembahasan dibawah ini dengan baik.

Jenis-Jenis Kucing Hutan

Hewan liar satu ini juga memiliki beragam jenis yang tersebar di seluruh dunia, kami akan memberikan beberapa jenis kucing hutan dibawah ini.

1. Kucing Bengal atau Blacan

Jenis pertama dari kucing hutan yaitu kucing Bengal atau Blacan, dimana jenis ini merupakan hasil keturunan dari persilangan kucing antara asian leopard degan american shorthair. Hewan satu ini berasal dari kawasan California Amerika Serikat. Ciri khas yang dapat dijumpai pada kucing ini yaitu memiliki ukuran tubuh yang panjang dan otot-ototnya yang kuat. Selain itu kucing ini memiliki bulu yang rapat dan halus.

2. Macan Dahan Benua

Kucing hutan Macan Dahan Benua merupakan salah satu kucing hutan yang tersebar di daerah asia Tenggara. Biasanya jenis ini sering dijumpai pada daerah pegunungan. Di Indonesia sendiri anda bisa menjumpai jenis ini di Pulau Kalimantan dan Sumatra. Ciri fisik dari kucing ini yaitu memiliki tubuh yang agak panjang dan bulu berwarna kecoklatan lengkap dengan bintik hitam pada tubuhnya. Sifat dari kucing ini yaitu sering berburu pada malam hari, walaupun begitu kucing ini termasuk hewan yang lincah.

3. Kucing Emas Asia

Kucing yang hidup pada kawasan hutan Asia Tenggara ini bisa dibilang sebagai salah satu jenis kucing hutan yang hampir punah. Hal ini disebabkan tidak lain karena maraknya perburuan hewan liar. Hewan satu ini menyukai wilaya hutan yang dikelilingi bebatuan. Kucing dengan ukuran tubuh sedang ini mampu menjatuhkan hewan yang memiliki ukuran lebih besar darinya, seperti sapi, kerbau, dll. kucing emas juga sama seperti kucing liar lainnya yaitu beraktivitas pada waktu malam hari.

Cara Menjinakkan Kucing Hutan

Pada dasarnya untuk menjinakkan kucing hutan atau liar tidak sesulit dengan apa yang kita bayangkan. Memang kucing hutan berbahaya untuk dipelihara, dengan sifatnya yang agresif dan buas bahkan dapat memangsa hewan ternak perlu anda pertimbangkan. Namun bagi anda yang ingin memelihara kucing ini, tentu langkah awal yang harus anda lakukan selain mengetahui harga kucing hutan yaitu cara menjinakkannya.

Untuk menjinakkan kucing hutan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menjinakkan hewan lainnya, dimana dalam hal ini sudah pasti anda memberikan perawatan yang baik. Perawatan yang kami maksud yaitu seperti, memberikan kandang khusus, memberikan kebutuhan kucing, memahami bahasa tubuh, dll. Selain itu cara menjinakkan kucing liar yang wajib anda perhatikan juga adalah melatih cakarnya, dimana anda bisa memberikan mainan untuk melatih cakarnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan untuk mengenal kucing hutan dan bagaimana cara menjinakkannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda, terima kasih.

Loading...