Mengenal Burung Murai Batu Klantan

Mengenal Murai Batu Klantan by Wikicau
Iklan

Bagi pecinta burung kicau di Indonesia pasti sudah tahu bahwa banyak sekali jenis burung kicau dari berbagai daerah di Indonesia.

Termasuk juga dengan salah satu jenis burung kicau yang satu ini, yaitu Burung Murai batu.

Terdapat banyak sekali jenis Burung Murai Batu dari berbagai daerah yang biasa dijadikan sebagai burung perlombaan atau sebagai burung hias di rumah.

Namun ternyata jenis Burung Murai Batu bukan hanya berasal dari Indonesia saja.

Dari negri tetangga pun ada beberapa jenis Burung Murai Batu, dari Malaysia juga ada jenis Burung Murai Batu yaitu Murai Batu Klantan.

Burung Murai Batu Klantan atau yang berasal dari Malaysia ini ada yang memiliki ekor pendek ada juga yang berekor panjang.

Daerah tempat persebaran terbanyak jenis Burung Murai Batu ini berada di Kedah dan juga Perak.

Iklan

Namun, Sobat Wikicau juga bisa menemukannya diberbagai daerah lainnya seperti Negeri Sembilan yang terdapat populasi Burung Murai Batu Klantan yang memiliki ekor pendek.

Baca juga:

Ciri-ciri Burung Murai Batu Klantan

Burung Murai Batu Klantan memiliki warna hitam dengan coklat tua pada bagian dadanya serta warna putih pada ekor bagian bawah.

Burung ini memiliki ekor yang panjang bisa mencapai 30 cm namun ada juga jenis Burung Murai batu yang memiliki ekor pendek.

Tubuhnya kekar menyerupai Burung Murai Batu dari Indonesia yaitu Murai Batu Medan, namun dengan ukuran yang lebih besar.

Namun jika dibandingkan dengan Burung Murai Batu Medan, burung ini memiliki kelemahan pada staminanya ketika sedang berkicau.

Salah satu faktor utamanya adalah karena ukurannya yang lebih besar dengan ekor yang sangat panjang membuat burung ini cepat lelah ketika harus berkicau dalam waktu lama.

Ada sedikit jeda untuk mengambil nafas, ketika burung ini sedang berkicau.

Namun dengan bentuknya yang indah dan unik, tidak jarang orang yang sangat menyukai dan ingin memelihara jenis burung ini.

Baik untuk dijadikan sebagai burung perlombaan, maupun hanya sebagai burung peliharaan di rumah.

Selain itu, Burung Murai Batu Klantan ini memiliki kecerdasan yang cukup baik diantara jenis burung lainnya.

Dan suara kicauannya yang nerdu dapat menarik perhatian banyak pecinta burung kicau.

Sangat layak untuk dijadikan sebagai salah satu koleksi burung kicau pribadi kamu di rumah.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai Burung Murai Batu Klantan yang bisa saya bagiakan pada artikel ini, semoga bermanfaat.

Video terbaru dari channel resmi Androbuntu: