Kenali Penyebab Sembelit dan Cara Mengatasinya

Iklan

Kurangnya asupan serat acapkali menjadi salah satu faktor yang sering menjadi patokan dalam menentukan penyebab sembelit. Padahal masih banyak faktor yang melatarbelakangi tubuh mengalami sembelit. Faktor-faktor tersebut rata-rata memang dialami semua orang. Jadi Anda perlu mengetahui apa saja faktor penyebab sembelit.

Faktor Penyebab Sembelit

Sembelit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya :

1. Kurang mengkonsumsi serat

Serat berperan penting dalam melancarkan buang air besar. Serat banyak terdapat pada sayuran hijau terutama daun-daunan. Jadi, Anda yang tidak menyukai masakan yang berbahan dasar daun-daunan, cobalah untuk mengkonsumsinya agar pencernaan Anda menjadi lancar dan masalah sembelit tidak datang menghampiri Anda.

2. Terlalu lama duduk

Advertisements

Saat duduk, bagian rektum tertekan oleh puborectalis kemudian rektum san anorektal membentuk sudut 90 derajat dan menyebabkan feses tertahan. Untuk itu jangan terlalu lama duduk dan memperbanyak gerak agar feses tidak tersumbat dan berakibat sembelit.

3. Stres sebabkan sembelit

Iklan

Kaitan antara otak dan sistem pencernaan menjadi penentu bahwa kondisi pikiran yang tidak baik atau tertekan dapat mengganggu sistem pencernaan, tak terkecuali menyebabkan sembelit. Pikiran yang tertekan dan stres akan diartikan sebagai sebuah serangan oleh sistem saraf. Akibatnya pergerakan usus terhambat dan dorongan untuk buang air besar menjadi sedikit.

4. Penyakit tertentu yang dapat melatarbelakangi terjadinya sembelit
Penyakit tertentu yang dialami seseorang juga berpotensi menyebabkan sembelit, seperti kanker usus besar, diabetes, stroke, hipotiroid, hiperparatiroid,penyakit Parkinson, multiple sclerosis, dan kelainan. Jadi Anda harus berhati-hati jika mengalami masalah sembelit yang tak kunjung sembuh. Periksakan ke dokter agar Anda bisa mengetahui penyebabnya.

Faktor Risiko Sembelit

Advertisements

1. Wanita
2. Ibu hamil
3. Penderita obesitas
4. Pekerja kantoran yang menghabiskan banyak waktu dengan duduk
5. Orang yang berusia lanjut

Cara Mengatasi Sembelit https://www.goapotik.com/produk/psidii-60-ml-sirup menjual berbagai macam obat termasuk obat sembelit. Anda dapat menggunakan obat sembelit yang dapat memulihkan jumlah mikrobiota dalam usus, cukup dengan mengunjungi https://www.goapotik.com/promo/obat-diare-anak-dan-dewasa-dan-obat-sembelit-dan-susah-buang-air-besar Anda akan langsung menemukan obat yang tepat.

Sebagai pencegahan konsumsilah banyak serat dari buah dan sayur. Selain itu perbanyak minum air putih khususnya saat cuaca panas.

Iklan

Video Wajib Tonton: