Memelihara Ikan Discus

Loading...

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang cara memelihara ikan discus, ada baiknya ketahui terlebih dulu ciri khas dari jenis ikan hias satu ini. Ikan discus adalah jenis ikan yang paling laris manis di pasaran, dan memiliki jumlah penggemar cukup banyak. Ikan tersebut pada dasarnya memiliki corak berwarna – warni, terlihat anggun, dan sangat karismatik. Tetapi meskipun demikian, ternyata ikan discus tersebut butuh tingkat perawatan dan pemeliharaan yang lebih tinggi dibandingkan jenis ikan hias lainnya.

Syarat utama yang penting Anda tahu adalah aquarium besar dan air yang bersih juga stabil. Ikan discus bisa dipelihara dalam jumlah banyak bersama dengan jenis ikan lainnya, selama ikan tersebut butuh kondisi air yang sama, tetapi ikan hias ini ternyata tidak cocok dengan jenis ikan yang agresif.

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Discus

Jangan lupa untuk menyediakan semua perlengkapan yang dibutuhkan

Penting sekali bagi Anda untuk menyediakan beberapa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan oleh ikan discus. Salah satunya adalah heater. Alat tersebut nanti akan sangat berfungsi sekali untuk sediakan kondisi panas yang ada di dalam aquarium.

Memperhatikan suhu dan PH di dalam aquarium
Suhu di dalam aquarium untuk memelihara ikan discus adalah 82 0F – 88 0F. Suhu air yang terlalu tinggi bisa menurunkan oksigen di dalam aquarium. Kemudian PH air paling ideal untuk memelihara ikan discus kira – kira 6.5. Jika PH airnya lebih dari 7 atau ada dibawah 6, maka hal tersebut bisa sebabkan ikan discus yang Anda pelihara alami stress. Kondisi air di dalam aquarium harus 1 Dh – 8 Dh. Hal tersebut akan sama seperti kondisi air di sungai amazon.

Melindungi ikan discus dari amonia

Jenis ikan hias satu ini ternyata lebih peka terhadap kadar amonia. Akan tampak ada penurunannya dari warna serta nafas berat jika amonia hadir. Perubahan air di dalam aquarium sangat diperlukan agar ikan discus ini tidak sampai alami berbagai macam penyakit hingga kematian.

Pergantian air aquarium

Cara memelihara ikan discus selanjutnya adalah dengan melakukan pergantian air di dalam aquarium tempat ikan tersebut dipelihara. Ikan discus ini pada dasarnya butuh air yang bersih, Anda bisa mengganti air di aquarium minimal 50% di setiap minggunya. Tujuannya adalah agar bisa mengurangi nitrat dan mengisi mineral. Selain itu, ikan discus ini biasanya juga dikombinasikan dengan aquarium yang sudah dipasang tangki dengan injeksi CO2.

Memberikan hiasan di aquarium

Kayu apung tersebut jadi pilihan yang paling tepat untuk membantu ikan hias jenis satu ini merasa di rumah. Yang demikian tersebut bahkan bisa semakin menambah indah aquarium dan akan melembutkan air serta menurunkan PH untuk lingkungan yang sesuai. Sehingga dengan begitu ikan discus Anda akan dapat bertahan hidup dalam waktu lama.

Memberikan penerangan yang cukup

Penerangan pada aquarium ikan discus ini ternyata menjadi faktor penting dalam pemeliharaan dan perawatan ikan hias tersebut. Sangat disarankan sekali agar Anda memberikan penerangan yang cukup, hal ini tidak hanya bisa menjadikan ikan discus tersebut lebih sehat, akan tetapi juga menjadikan aquarium Anda tampak lebih indah.

Selalu menjaga kebersihan airnya

Faktor paling utama yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan ikan discus adalah kondisi air itu sendiri. Jika Anda jarang sekali mengganti air di dalam aquarium tempat ikan discus hidup, maka bukan tidak mungkin lagi ikan tersebut akan mudah terserang penyakit. Sebab, air yang kurang bersih biasanya memiliki banyak sekali bakteri jahatnya. Oleh sebab itu Anda harus selalu menjaga kebersihan airnya dengan baik.

Memberikan pakan yang terbaik

Memberikan pakan yang terbaik kepada ikan discus yang Anda miliki tentu saja akan membuatnya lebih sehat dan bisa tumbuh dengan baik. Di alamnya, ikan ini termasuk jenis ikan pemakan segalanya. Biasanya pakan ikan discus berupa larva serangga, cacing, dan buah – buahan. Pakan tersebut bisa Anda coba terapkan untuk ikan discus kesayanganmu.

Memberikan pakan alami

Pakan alami untuk ikan discus adalah pakan yang diambil secara langsung dari alam, atau yang sudah disediakan di alam bebas tanpa harus diolah terlebih dulu. Pakan alam yang bisa Anda berikan untuk memelihara ikan discus diantaranya kutu air, infusoria dan rotifera, cacing tubifex, telur udang, artemia, jentik nyamuk, blood worm atau cacing darah.

Memberikan pakan buatan

Ini adalah jenis pakan yang dibuat oleh tangan manusia. Pakan buatan untuk ikan discus tersebut sangat praktis sekali dan memudahkan Anda dalam pemberian pakan kepada ikan discus. Pakan buatan sangat mudah didapatkan, sebab biasanya dijual di setiap toko yang jual pakan hewan peliharaan. Tetapi demikian, pemberikan pakan buatan yang terlalu sering kepada ikan discus ternyata kurang bagus, sebab bisa membuat pertumbuhan ikan discus semakin lambat.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara memelihara ikan discus yang mudah. Semoga bermanfaat.

Loading...