Beranda Tips Burung Begini Cara Merawat Burung Cucak Keling yang Benar

Begini Cara Merawat Burung Cucak Keling yang Benar

- Advertisement -

Burung Cucak Keling merupakan burung kicau yang banyak dipelihara oleh para Sobat Wikicau untuk dijadikan sebagai burung masteran.

Karena burung ini memiliki suara kicauan memiliki karakter dengan suara yang lantang dan juga tajam.

Namun, banyak juga yang agak takut dengan penampilan fisik burung ini karena Burung Cucak Keling memiliki bulu hitam mengkilap kehijauan dan mata yang merah menyala.

Tapi burung ini tidak seperti burung lain yang memiliki kesan seram dan mitos dari keberadaannya layaknya Burung Gagak dan juga Burung Hantu.

Burung Cucak Keling mampu untuk menirukan beberapa suara jenis burung lainnya, seperti menirukan suara Burung Cililin yang dapat mengeluarkan suara tembakan yang baik.

Selain itu ketika Burung Cucak Keling sudah benar-benar gacor biasanya ketika berkicau burung ini akan meliuk-liukkan lehernya.

Dengan berbagai keistimewaan yang dimilikinya, Burung Cucak Keling sangat banyak diminati untuk dipelihara sebagai burung peliharaan dirumah maupun dijadikan sebagai burung kontes.

- Advertisement -

Cara perawatan Burung Cucak Keling juga tidak terlalu sulit, perawatan yang dibutuhkan hampir sama dengan jenis burung lainnya seperti Burung Jalak dan jenis burung lainnya.

Baca juga:

Cara Merawat Burung Cucak Keling

Cara Merawat Burung Cucak Keling by Wikicau 1

1. Siapkan Kandang

Hal yang pertama ketika akan memelihara jenis burung apapun adalah persiapkan kandang untuk tempat burung hidup.

Berikan sangkar dengan ukuran sedang dan jangan terlalu kecil dan juga tertutup, selanjutnya berikan tenggeran dan juga tempat pakan dan minum untuk burung.

Dikarenakan Burung Cucak Keling adalah salah satu jenis burung yang sering sekali makan, maka bisa dipastikan bahwa kandang burung akan penuh dengan kotoran.

Jadi, kamu harus selalu rajin untuk membersihkan kandang burung setiap harinya dengan membuang kotoran yang menumpuk dan biasakan untuk menyediakan tatakan pengganti.

Agar ketika tatakan burung sudah kotor dan rusak ada penggantinya, hal itu dilakukan juga untuk menjaga kesehatan burung dengan nama latin Aplonos panayensis ini dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Mandikan Burung

Memandikan Burung Cucak Keling harus kamu lakukan setiap harinya pada pagi dan juga sore hari agar burung tetap segar dan fit.

Sobat Wikicau bisa memandikannya dengan menyemprotkan air menggunakan sprayer atau dengan menyediakan cekup yang cukup besar agar burung bisa mandi sendiri.

Mandikan burung antara pukul 7 dan 8 pagi, jangan memandikan burung terlalu siang karena tidak baik jika memandikannya disiang hari ketika matahari terik.

3. Menjemur Burung

Setelah dimandikan, pastikan kamu untuk menjemur burung dibawah sinar matahari pagi, karena sinar matahari pagi sangat baik untuk perkembangan tubuh burung.

Jemur burung selama kurang lebih 1 sampai 2 jam sampai tubuh burung benar-benar kering dan setelah itu gantung sangkar ditempat yang teduh.

4. Berikan pakan

Di alam bebas biasanya burung memakan buah-buahan, jadi sebaiknya kamu memberikan buah-buahan sebagai pakannya seperti buah pisang dan juga pepaya.

Pisang dan pepaya mengandung banyak vitamin dan serat yang baik sehingga pencernaan burung akan tetap sehat, selain itu tekstur pepaya dan pisang yang lembut akan bisa dengan mudah untuk dicerna oleh burung.

Selain itu kamu bisa berikan 5 ekor ulat hongkong, 5 ekor jangkrik, dan juga kroto bisa diberikan dua kali dalam satu minggu.

5. Lakukan Pemasteran

Melalukan pemasteran bisa kamu lakukan dengan cara menggantang sangkar burung ditempat yang teduh dan biasakan untuk disatukan dengan jenis burung kicau lainnya yang ada dirumah kamu.

Hal tersebut bisa memancing burung untuk berkicau seperti burung-burung lainnya, dan jika untuk pemasteran utama kamu bisa memperdengarkan suara burung masteran secara langsung atau juga dengan MP3.

Dan biarkan burung beristirahat sambil mendengarkan suara burung masteran agar burung terbiasa untuk berbunyi.

Demikian beberapa ulasan mengenai cara merawat Burung Cucak Keling dirumah agar cepat gacor dan memiliki suara yang lentang dan tajam, semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Sobat Wikicau.

- Advertisement -
- Advertisment -
loading...