Tips Membuat Burung Murai Batu Rajin Berbunyi

Agar Burung Murai Batu Gacor by Wikicau
Iklan

Sobat Wikicau pasti sudah mengenal jenis burung yang memiliki ekor panjang yang satu ini.

Burung Murai Batu adalah salah satu burung yang paling diburu untuk dijadikan sebagai burung peliharaan maupun burung kontes.

Karena burung ini termasuk salah satu jenis burung kicau yang memiliki kicauan yang bagus dan bervariasi.

Selain itu, Burung Murai Batu juga memiliki kecerdasan yang tinggi karena mampu menirukan berbagai jenis suara burung kicau lainnya.

Maka dari itu, burung dengan nama latin Copsychus malabaricus ini menjadi salah satu burung kicau yang memiliki harga tinggi dipasarannya.

Burung Murai Batu yang masih anakan saja bisa mencapai harga jutaan rupiah, apalagi burung yang sudah gacor dan memenangkan berbagai lomba.

Tentunya harga jualnya pun semakin tinggi, jadi peminat Burung Murai Batu sangat banyak.

Iklan

Memang perawatan harian Burung Murai Batu terbilang mudah, namun yang sulit adalah untuk membuatnya gacor atau rajin berbunyi.

Untuk mendapatkan Burung Murai Batu kamu rajin berbunyi, kamu harus tahu bagaimana cara memberikan perawatan khusus untuk meningkatkan kemampuannya.

Karena jika kamu hanya merawat dan memberikan pakan saja, tidak cukup untuk membuatnya menjadi burung yang gacor.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat Burung Murai Batu rajin berbunyi? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam merawat Burung Murai Batu agar gacor.

Baca juga:

Tips Membuat Burung Murai Batu Rajin Berbunyi

Murai Batu Borneo by Wikicau

Masalah yang paling sering dialami pemilik burung kicau khususnya Burung Murai Batu adalah Burung Murai Batu yang tidak mau berbunyi.

Ada beberapa faktor yang paling sering membuat burung biasanya tidak mau berbunyi salah satunya adalah kondisi fisik yang tidak fit.

Mungkin Sobat Wikicau melihat bahwa Burung Murai Batu peliharaan kamu baik-baik saja, tapi ternyata kondisi fisiknya sedang bermasalah.

Hal tersebut kadang tidak disadari pemilik burung bahkan ada yang tidak mengetahuinya sama sekali, karena Burung Murai biasanya bersikap lincah dan rajin bergerak.

Namun yang terjadi kadang-kadang burung tidak memiliki tenaga yang lebih untuk mengeluarkan suara, untuk itu burung jarang sekali berbunyi.

Karena untuk menghasilkan suara yang gacor dan rajin berbunyi membutuhkan tenaga yang cukup besar, untuk itu burung harus dalam keadaan fisik yang sehat dan fit.

Untuk membuat Burung Murai Batu kamu fit kamu bisa memberikan vitamin tambahan ataupun suplemen.

Selain itu, nutrisi yang diberikan kepada Murai Batu pun harus diperbaiki sampai burung benar-benar fit dan rajin berbunyi.

Dalam masa pemulihan kondisi fisik Burung Murai Batu harus diberikan nutrisi dan vitamin tambahan yang baik baginya.

Salah satu cara yang paling mudah dan simpel adalah dengan memberikan kroto yang masih segar dan juga jangkrik sebagai pakan.

Berikan makanan yang masih segar, untuk meningkatkan nutrisi Burung Murai Batu.

Pada makanan segar masih banyak mengandung gizi yang baik dan EF serta jangkrik bisa kamu berikan untuk meningkatkan kebugaran tubuh burung.

Karena jangkrik mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Burung Murai Batu ataupun burung kicau lainnya.

Selain pakan yang diperbaiki, kamu juga harus rajin untuk melakukan pemasteran pada Burung Murai Batu peliharaan kamu ini.

Terkadang mungkin kamu sibuk dengan kegiatan diluar rumah dan pekerjaan, membuat kamu lupa memperdengarkan suara burung masteran.

Sebaiknya kamu lebih sering memperdengarkan suara burung masteran agar Burung Murai Batu kamu lebih rajin berbunyi.

Nah, itulah beberapa tips untuk membuat Burung Murai Batu kamu semakin rajin berbunyi.

Video terbaru dari channel resmi Androbuntu: