Iklan
Beranda Tips Burung Makanan Lengkap Burung Cendrawasih

Makanan Lengkap Burung Cendrawasih

- Advertisement -

Burung Cendrawasih merupakan jenis burung yang ditemukan di Indonesia bagian timur, Papua Nugini, Selat Tores dan juga di bagian timur Australia.

Burung ini masih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes yang memiliki keindahan terlihat dari bulu yang dimilikinya.

Bulu pada ekornya memanjang dengan berbagai berbagai kombinasi warna yang mencolok dan sangat indah.

Ukuran Cendrawasih antara 15 cm dengan berat 50 gram hingga yang berukuran 110 cm tergantung tiap jenisnya masing-masing.

Seperti beberapa janis Cendrawasih yang palimh terkenal seperti Cendrawasih Kuning-besar, Cendrawasih Manukod jambul-bergulung, Cendrawasih Raja dan juga Cendrawasih Paruh-sabit hitam.

Burung ini menjadi salah satu burung yang paling diminati di Indonesia, karena keindahan warna yang dimilikinya menjadikan burung ini sangat dicintai khususnya dikalangan pecinta burung.

Bagi sobat wikicau yang belum mengartahui banyak tentang burung, sebelum berencana membeli dan memeliharanya sebaiknya kamu harus mengetahui karakteristik Burung Cendrawasih.

- Advertisement -

Baca juga:

Karakteristik Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih biasanya hidup di hutan tropis dataran rendah dan memiliki berbagai variasi ukuran tubuh dan juga warnanya.

Biasanya Burung Cendrawasih yang masih muda cukup sulit untuk dibedakan jenis kelaminnya.

Burung Cendrawasih memiliki kabel ekor yang tipis dan melengkung berukuran ku8rang lebih 30 cm.

Pada saat terbang, burung ini akan mengeluarkan suara yang melengking dan juga memiliki bulu mereja yang bertujuan sebagai pelindung diri, mempercantik diri dan juga untuk terbang.

Burung Cendrawasih berjenis kelamin jantan memiliki bulu yang lebih panjang dibandingkan betinanya.

Dan bulu-bulunya akan tumbuh sempurna ketika usia burung sudah melewati 7 tahun, dengan usia kematangan seksual pada betina di usia 2 tahun dan jantan pada usia 4 tahun.

Proses perkawinan burung ini biasanya terjadi pada bulan september hingga november dan menghasilkan telur yang tidak banyak hanya 1 sampai 2 butir telur saja dengan lama 20 hari.

Karena burung ini memiliki daya tarik dan jualnya pada keindahan warna bulunya, maka untuk perawatannya pun memerlukan ketelitian.

Selain itu pakan yang dimakan juga termasuk salah satu faktor yang membuat warna bulunya tetap cantik dan menawan.

Untuk itu, bagi sobat wikicau yang menginginkan Burung Cendrawasih peliharaan kamu memiliki warna bulu yang cerah, indah dan tetap terjaga kesehatannya pastikan untuk memberikan pakan yang sesuai dan memiliki kandungan gizi yang baik.

Makanan Burung Cendrawasih

1. Pala

Meskipun biasanya Burung Cendrawasih menyukai makanan yang manis, namun memberikan buah pala juga bisa kamu lakukan.

Buah pala memiliki rasa yang sedikit pahit, namun sangat baik bagi kesehatan tubuh Burung Cendrawasih.

Buah pala juga baik dalam menjaga stamina Burung Cendrawasih agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Serangga Kecil

Serangga kecil yang sering dikonsumsi Burung Cenrawasih antara lain seperti jangkrik, belalang, cacing dan masih banyak jenis serangga kecil lainnya.

Pemberian pakan serangga bisa kamu jadikan sebagai selingan dengan buah-buahan, agar burung tidak merasa bosan dengan makanannya.

3. Pepaya

Buah pepaya menjadi salah satu jenis makanan yang paling disukai oleh Burung Cendrawasih.

Burung ini memang dikenal menyukai makanan yang mengandung banyak air dan pepaya menjadi salah satu buah yang mengandung banyak air.

Buah pepaya juga baik bagi tubuh burung, karena mengandung mineral dan juga vitamin A,B,C,D dan juga E.

Karena memiliki banyak kandungan yang baik, hal itu akan membuat bulu Burung Cendrawasih tetap terjaga warna, kekuatan dan juga menjadi lebih berkilau.

4. Matoa

Selain buah pepaya, buah yang menjadi favorit Burung Cendrawasih adalah buah matoa.

Buah matoa jug mengandung banyak air dan memiliki rasa yang manis sama seperti buah pepaya.

Buah ini memiliki kulit luar berwarna hitam dan licin pada kulit arinya. Selain itu memiliki aroma yang harum.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang disukai dan juga baik bagi tubuh burung serta warna bulu Burung Cendrawasih. Perawatan yang baik juga sangat dibutuhkan agar burung tetap sehat dan bugar.

Iklan
- Advertisement -
- Advertisment -
loading...