Beranda Tips Burung Ciri-Ciri Burung Kutilang yang Memiliki Suara Bagus

Ciri-Ciri Burung Kutilang yang Memiliki Suara Bagus

- Advertisement -

Burung Kutilang merupakan salah satu burung peliharaan yang banyak ditemukan di berbagai tempat peternakan burung kicau.

Namun, sebagai salah satu pecinta burung kicauan, kita pastinya menginginkan Burung Kutilang yang bisa menghasilkan suara kicauan menarik, bukan?

Nah, untuk itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri Burung Kutilang yang memiliki suara bagus di bawah ini.

Mungkin tidak semua ciri-ciri fisik dari Kutilang bisa kita jadikan acuan apakah burung tersebut memiliki suara terbaik atau tidak.

Namun, beberapa hal di bawah ini bisa menjadi acuan untuk menentukan apakah Kutilang tersebut memiliki suara yang indah atau tidak.

Baca juga:

1. Berdasarkan Jenisnya

Ada beberapa jenis dari Burung Kutilang yang konon suaranya lebih diunggulkan ketimbang suara Kutilang lainnya.

- Advertisement -

Jadi, ketika kita menginginkan suara Kutilang yang merdu dan gacor, lebih disarankan untuk memelihara beberapa jenis Kutilang di bawah ini, yaitu:

  • Kutilang Biasa: jenis Kutilang biasa ini memang lebih sering ditemukan. Bahkan, ternyata suara yang dimiliki oleh Kutilang biasa juga tergolong merdu jika dibandingkan dengan jenis lainnya.
  • Kutilang Emas: Kutilang yang satu ini juga merupakan jenis yang memiliki potensi lebih besar menghasilkan suara kicauan yang lebih merdu. Selain itu, jenis Kutilang ini juga mudah ditemukan di pasaran.
  • Kutilang Sutra: Jenis Kutilang dengan salah satu varian corak bulu yang menarik dan indah ini juga dinyatakan memiliki suara merdu. Apalagi jika sudah dilatih dengan baik secara teratur.
  • Kutilang Trucukan: nah, ini adalah jenis Kutilang yang tergolong lincah dan cerdas. Burung ini bisa menirukan beberapa suara burung lainnya dan inilah mengapa jenis ini menjadi unik dan disukai banyak orang.

2. Jenis Kelamin Kutilang

Sekumpulan teori yang diyakini oleh para pecinta burung kicauan menyatakan bahwasanya Kutilang jantan dan Kutilang Betina memiliki perbedaan.

Walaupun Kutilang jantan dan Betina sama-sama bisa gacor jika dirawat dan dilatih dengan baik, namun Kutilang jantan memiliki kelebihan.

Salah satunya adalah variasi dalam suara kicauan yang mereka hasilkan, sedangkan betina kadang hanya mengulang nada yang sama.

Bahkan, Kutilang jantan diyakini lebih agresif saat mengeluarkan varian suara kicauan yang berbeda.

3. Harga Jual

Burung kicauan yang bisa kita temukan di pasaran tentunya memiliki harga yang berbeda-beda.

Hal ini tergantung kepada jenis, keunikan serta kemampuan dari burung tersebut.

Nah, begitu juga dengan Kutilang, jika kita mencari jenis Kutilang yang memiliki suara kicauan terbaik serta gacor pasti juga memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Sebab, harga biasanya tidak akan menghianati kualitas bukan?

Untuk itu, cobalah mencari tahu harga pasaran untuk jenis Kutilang yang dijual di pasaran.

Namun, coba dengarkan juga ya sebelum membeli apakah memang harga mahal yang diterapkan oleh penjual menjamin suara kicauannya yang bagus atau tidak.

4. Sifat dan Bentuk Fisik

Poin terakhir yang bisa kita lihat dari ciri-ciri Kutilang yang memiliki kicauan bagus adalah fisik dan sifat dari burung tersebut.

Biasanya, Burung Kutilang yang sudah terlatih dan memiliki suara kicauan yang gacor dan merdu akan memiliki bentuk fisik yang terawat dan sifat yang lebih lincah.

Dan jika kita menemukan ciri-ciri fisik serta sifat Burung Kutilang yang seperti ini, maka bisa ditarik kesimpulan burung tersebut memiliki suara yang merdu.

Nah, ciri-ciri diatas mungkin bisa digunakan untuk menemukan jenis Kutilang terbaik.

Namun, apapun jenis Kutilang yang sedang kita pelihara, tetap saja bisa berubah menjadi burung kicauan bersuara merdu dan gacor.

Caranya? Tentu saja dengan latihan yang teratur dan mengetahui cara merawatnya dengan baik.

- Advertisement -
- Advertisment -
loading...