Iklan
Beranda Tips Burung Panduan Lengkap Cara Merawat Burung Kutilang

Panduan Lengkap Cara Merawat Burung Kutilang

- Advertisement -

Kutilang merupakan jenis burung kicau yang cukup populer di kalangan pecinta burung kicau, meskipun burung ini memiliki harga yang terjangkau, namun tidak kalah dengan burung kicau jenis lain yang memiliki harga tinggi.

Sobat wikicau juga mungkin salah satu dari pecinta jenis burung Kutilang ini, atau mungkin baru berniat untuk memiliki hewan peliharaan jenis burung ini di rumah.

Memelihara burung Kutilang bukanlah hal yang sulit dilakukan, apalagi jika kamu memang sudah terbiasa merawat burung kicau jenis lain.

Pada umumnya pemeliharaan dan perawatan jenis burung kicau memiliki dasar yang sama, hanya ada beberapa hal yang membedakan.

Perbedaan tersebut sangat wajar, mengingat tiap jenis burung kicau memiliki karakteristik, habitat dan juga ukuran yang berbeda-beda.

Jadi, perawatannya pun sedikit berbeda, namun tidak perlu khawatir jika belum pernah memelihara jenis burung Kutilang.

Karena pada pembahasan di dalam artikel kali ini, saya akan membagikan tips bagaimana cara merawat burung Kutilang yang baik dan benar.

- Advertisement -

Karena selain sebagai burung hiasan di rumah, burung ini juga bisa dijadikan sebagai burung kontes jika suara yang dihasilkan memang benar-benar bagus.

Karakteristik Burung Kutilang

Cara Merawat Burung Kutilang by Wikicau.com 2

Burung Kutilang memiliki warna dominan coklat dengan warna orange pada bagian bawah bokongnya, dan juga ukurannya kecil sekitar 20 cm dari kepala hingga ujung ekornya serta terdapat jambul dikepalanya.

Burung Kutilang di alam bebas biasanya akan hidup berkelompok dan mencari makanan bersam-sama.

Meskipun berbeda jenis burung ini bisa berkumpul dan beradaptasi dengan sesama burung kicau walaupun berbeda jenis nya seperti burung Trucukan dan lain-lain.

Burung ini memiliki satu suara saja atau biasa disebut suara mati, jadi burung ini tidak memiliki variasi suara yang berbeda.

Namun jika kamu memelihara burung ini dari anakan dan dilakukan perawatan yang baik serta dilakukan pemasteran dengan burung masteran jenis lain, tidak menutup kemungkinan bahwa burung ini juga bisa memiliki variasi suara.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa burung ini mampu beradaptasi dengan cepat, baik dalam lingkungan tempat dia tinggal maupun dengan jenis burung kicau lainnya.

Jadi, jika Sobat Wikicau memelihara burung ini dari alam liar burung ini akan cepat beradaptasi dalam lingkungan barunya.

Baca juga :

Cara Merawat Burung Kutilang

Cara Merawat Burung Kutilang by Wikicau.com 3

1. Berikan Sangkar yang Nyaman

Tempat tinggal yang nyaman akan menentukan sikap dan juga kualitas suara yang dimiliki burung Kutilang.

Jika kamu memang sudah benar-benar ingin memlihara burung Kutilang, sebaiknya menyiapkan sangkar yang sesuai dan tidak terlalu kecil sehingga burung bisa bergerak dengan aktif.

Selain itu berikan tenggeran dan juga tempat makan dan minum bagi burung Kutilang agar burung tidak mengalami kelaparan dan juga dehidrasi.

Dan yang paling penting adalah kebersihan sangkar burung kamu, kamu harus membuang kotoran burung setiap pagi hari dan membersihkan nya dengan air.

Kandang yang bersih akan menghindari burung dari terserang penyakit yang berasal dari kuman dan bakteri karena sangkarnya yang kotor.

2. Memandikan Burung Kutilang

Memandikan burung Kutilang adalah hal yang wajib kamu lakukan setiap pagi dan juga sore hari.

Selain untuk kebersihan, hal tersebut juga dilakukan untuk membuat burung tetap sehat dan terjaga kualitas suara tetap baik.

Memandikan burung Kutilang bisa kamu lakukan dengan menyemprotkan air kebadan burung atau dengan memegangnya secara langsung ketika dimandikan.

3. Penjemuran

Setelah selesai dimandikan biasakan untuk menjemur burung Kutilang, selain untuk membuat tubuhnya kering.

Hal itu juga baik bagi tubuh burung Kutilang, karena terkena sinar mataahari secara langsung sangat bailk bagi perkembangan tubuh burung.

Namun ketika menjemur burung, jangan sampai lewat dari jam 10 pagi karena sinar matahari siang semakin terik akan menyebabkan burung mengalami dehidrasi.

Jadi usahakan untuk menjemur burung sekitar jam 8 atau 9 pagi dengan durasi 1 samapi 2 jam penjemuran, itu adalah waktu yang tepat.

4. Pemberian Pakan

Cara Merawat Burung Kutilang by Wikicau.com 4

Memberikan makan bagi burung kutilang juga salah satu yang paling wajib dilakukan, kamu bisa memberikan pakan burung ketika dalam penjemuran.

Biasanya burung Kutilang mengkonsumsi buah-buahan, serangga kecil dan juga tambahan makanan seperti voer.

Asupan makanan yang bergizi akan membuat burung tetap sehat dan juga bisa memiliki suara yang gacor dan juga panjang ketika berkicau.

5. Pemasteran

Pemasteran bagi burung kicau memanglah sudah menjadi keseharian yang biasanya dilakukan, pemasteran ini bertujuan untuk membuat burung lebih cepat gacor.

Pemateran bisa kamu lakukan pada saat burung beristirahat dan juga pada malam hari dengan cara memperdengarkan suara burung masteran secara langsung atau dengan menyetel MP3.

Kedua nya sama saja, yang terpenting adalah membuat burung memiliki suara kicauan yang semakin bagus dan bervariasi.

Nah, demikianlah tips bagaimana cara merawat burung kicau dengan baik agar cepat gacor dan memiliki kicauan yang panjang.

Iklan
- Advertisement -
- Advertisment -
loading...