Beranda Tips Burung Jenis-jenis Burung Laut

Jenis-jenis Burung Laut

- Advertisement -

Burung laut adalah burung yang sudah beradaptasi dengan lingkungan laut, burung laut akan memangsa ikan-ikan yang ada dipermukaan laut.

Secara umum burung laut memiliki usia hidup yang lebih lama dari burung-burung jenis lainnya, selain itu perkembangbiakan burung ini tergolong lama dan sedikit.

Jika dibandingkan dengan burung jenis lain, populasi burung laut termasuk yang sedikit, biasanya mereka hidup berkoloni.

Tiap koloni memiliki jumlah anggota yang beragam, mulai dari belasan hingga jutaan burung setiap kali harus berpindah tempat.

Migrasi tahunan selalu dilakukan burung laut secara berkoloni, jadi tidak heran jika Sobat Wikicau sering melihat beberapa hingga ribuan burung laut terbang karena akan bermigrasi.

Sebagian besar hidup burung laut dihabiskan untuk menjelajahi lautan, hanya ketika akan berkembangbiak saja mereka akan kembali kedaratan dan menempati sarangnya.

Sarang burung laut biasanya terdapat di daratan berupa pohon-pohon yang tinggi, namun juga ada yang tinggal diatara sela-sela tebing yang ada di pesisir lautan.

- Advertisement -

Burung laut terbagi menjadi beberapa kelompok yang dibedakan berdasarkan jenisnya, beberapa kelompok tersebut diantaranya akan saya bahas dibawah ini.

Baca juga:

1. Procellariiformes (Paruh Tabung)

Jenis Burung Laut by Wikicau 1

Burung laut kelompok ini meliputi jenis Burung Albartos dan juga Burung Pertel yang memiliki paruh besar yang menyerupai tabung.

  • Burung Albatros

Terdapat belasan spesies Burung Albatros yang hidup di selatan khatulistiwa, burung ini termasuk jenis burung pelayang dan memiliki sayap dengan ukuran sangat panjang.

Burung Albartos memiliki bulu berwarna putih dan juga coklat gelap, warna putih ada pada bagian kepala hingga perut sedangkan coklat ada pada bagian sayap, punggung hingga ekornya.

Burung ini memiliki hidung yang terhubug dengan paruhnya yang meyerupai tabung, mereka bisa tahan berjam-jam terbang tanpa mengepakkan sayap.

Burung ini akan mencari mangsanya berupa ikan-ikan kecil yang sering muncul ke permukaan laut untuk dijadikan sebagai makanannya.

  • Burung Patrel

Burung Partel memiliki warna yang lebih gelap yaitu hitam pada bagian punggung, sayap hingga ekornya.

Burung ini memiliki hidung dan juga paruh yang menyerupai tabung yang panjang dan menjadi salah satu ciri khas yang dapat terlihat jelas dari burung ini.

Burung ini terbagi menjadi beberapa jenis, salah satu yang paling terkenal adalah Burung Partel Badai, burung ini memangsa berbagai jenis makhluk hidup yang ada di laut seperti ikan, cumi, plankton dll.

2. Pelecaniformes (Burung Pelikan)

Jenis Burung Laut by Wikicau 2

Jenis burung Pelikan ini seperti Burung Ganet, Burung Tropik, Fregata dan juga Pecuk Padi.

Salah satu dari jenis Burung Pelikan yang paling terkenal adalah Burung Ganet diantara jenis pelikan lainnya.

Burung Ganet adalah jenis burung pelikan yang memiliki ukuran tubuh yang cukup besar yaitu sekitar 3kg.

Burung ini biasanya hidup bekoloni hingga ribuan ekor berada pada satu sarang yang sama karena burung ini akan membuat sarang pada tebing-tebing yang terdapat di laut.

Burung ini akan memangsa ikan-ikan kecil yang ada dipermukaan laut sebagai makanannya.

3. Charadiiformes (Burung Pengarung)

Jenis Burung Laut by Wikicau 3

Jenis Burung Pengarung ini antara lain adalah jenis burung Camar dan juga Burung Skua.

  • Burung Camar

Burung Camar biasanya hidup di kawasan bumi belahan utara dengan iklim yang sedang, jadi Burung Camar tidak tinggal ditempat yang dingin.

Burung ini memiliki koloni yang cukup banyak dan biasanya sering terbang diatas kapal nelayan untuk mendapatkan ikan yang lebih banyak dan mencari sisa-sisa ikan yang telah terjaring.

Burung ini termasuk jenis burung yang kuat dalam berenang maupun terbang diatas lautan, jadi Burung Camar bisa berenang untuk menangkap mangsanya.

4. Sphenisciformes (Bangsa Penguin)

Jenis Burung Laut by Wikicau 4

Burung selanjutnya adalah bangsa penguin, bangsa penguin ini hampir semuanya memiliki selapu yang akan membantunya untuk mudah berenang.

Biasanya Burung laut jenis ini lebih sering menghabiskan waktunya di daratan dan koloninya tersebar di daerah kutub yang dipenuhi dengan salju.

Ukuran Burung Penguin juga termasuk besar, mereka akan berenang untuk mendapatkan mangsanya.

Tubuhnya pun kedap air jadi tidak akan basah serta memiliki paruh yang panjang dan juga penjepit di kakinya untuk menjepit mangsanya.

Nah, itulah beberapa jenis burung laut yang bisa Sobat Wikicau ketahui. Semoga bermanfaat.

- Advertisement -
- Advertisment -
loading...