Loading...
Beranda Tips Burung Ciri-ciri, Karakteristik Dan Cara Merawat Burung Branjangan

Ciri-ciri, Karakteristik Dan Cara Merawat Burung Branjangan

Jenis burung kicau memang sangat banyak dan beragam, perbedaanan antara satu dan yang lainnya juga beragam.

Loading...
Loading...

Mulai dari harga, bentuk tubuh, suara kicauan dan lain-lainnya, Bagi pecinta burung kicau pasti sudah lebih memahami apa saja perbedaan-perbedaan tersebut.

Salah satu burung yang popular dikalangan pecinta burung hias adalah burung Branjangan, burung ini memiliki suara yang khas dan mantap.

Bukan hanya sebagai peliharaan dirumah, burung ini juga bisa dijadikan sebagai ajang kompetisi antar burung kicau.

Untuk lebih mengenal burung kicau yang satu ini, saya akan memberikan pemaparan lengkap mengenai ciri-ciri, karakteristik dan juga cara merawat burung Branjangan.

Baca juga:

1. Ciri-ciri Burung Branjangan 

Burungv branjangan memang cocok dijadikan sebagai burung kompetisi, ukuran tubuhnya yang kecil dan memiliki warna dominan cokelat.

Namun untuk memiliki burung Branjangan yang memiliki suara kicauan yang lebih mantap dan lantang.

Kamu sebaiknya memilih burung Branjangan jantan, karena burung Branjangan jantan memiliki suara yang lebih lantang dan nyaring.

Selian suara, ciri-ciri burung Branjangan jantan dan betina juga berbeda diantaranya adalah:

Loading...
Loading...
  • Paruh

Perbedaan pertama adalah pada paruhnya, ciri-ciri burung Jantan adalah memiliki paruh yang berwarna lebih terang dibagian bawahnya. Sedangkan si betina paruhnya terlihat lebih gelap.

  • Warna Bulu

Warna burung Branjangan jantan juga terlihat lebih mengkilap, sedangkan betina memiliki warna bulu yang sedikit lebih kusam

  • Ukuran Jambul

Ukuran jambul pada burung Branjangan memang sulit dibedakan ketika usianya masih muda, namun ketika dewasa ukuran jambul si jantan lebih panjang dibandingkan betinanya.

  • Mata

Burung Branjangan jantan memiliki mata yang lebih tajam dan juga ditumbuhi bulu halus disekitar matanya, dan burung betina tidak memiliki malta kyang tajam dan bulu disekitar matanya.

  • Suara

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa burung Branjangan jantan memiliki suara yang gacor dan lantang dibandingkan si betina.

  • Anakan

Ketika burung Branjangan yang masih anakan akan terlihat jelas perbedaan jantan dan betina, yitu pada ukuran kepala jantan yang lebih besar dibandingkan si betina.

  • Ekor

Untuk bagian ekor, burung Branjangan jantan memiliki ekor yang mekar dn lebih sering membukannya dibandingkan sang betina.

Loading...
Loading...
  • Bulu Dada

Bulu dada yang dimiliki burung Branjangan jantan lebih halus dan mengkilap dibandingkan betina.

2. Karakteristik Burung Branjangan

burung branjangan by wikicau.com 1

Tiap jenis burung kicau memiliki karakteristik yang berbeda-beda anata burung yang satu dengan yang lain.

Termasuk juga dengan burung Branjangan yang sedang saya bahas kali ini, ada berbagai karakteristik yang berbeda dari burung Branjangan dengan burung kicau jenis lain.

Burung Branjangan yang berada di alam bebas, senang sekali terbang dan memanjat lalu membumbungkan tubuhnya keatas sambil berkicau hingga tidak jterlihat lagi dan tiba-tiba sudah berada di tanah.

Burung ini akan terus berkicau sambil hovering atau terbang ditempat, dengan ukuran tubuh 10 sampai 15 cm. Burung ini sangat mudah bergerak bebas.

Selain suka terbang bebas, burung ini juga sangat aktif dan senang melompat serta mampu terbang secara vertikal.

Wlaupun awalnya burung ini berasal ndari pulau Jawa, namun saat ini burung Branjangan sudah banyak tersebar di Nusa Tenggara dan juga Sumatera.

3. Cara Merawat Burung Branjangan

Untuk menjadikan burung Branjangan sebagai burung lomba, kamu harus melakukan perawatan yang baik.

Berbagai perawatan yang bisa Sobat Wikicau lakukan dirumah antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sangkar

Untuk memelihara burung Branjangan, kamu harus menyediakan sangkar yang tidak terlalu kecil. Tinggi sangkar tidak boleh dibawah 100cm dan lebarnya harus 50 sampai 80 cm.

Sarang yang besar akan mengurangi rasa stres pada burung Branjangan, jadi burung lebih leluasa untuk bergerak di dalam sangkar.

  • Pakan

Pemberian pakan yang baik dan sesuai juga mempengaruhi pertumbuhan burung Branjangan, burung Branjangan biasanya memakan millet dan juga padi.

Untuk jangkrik dan juga kroto kamu bisa memberikannya sesudah memandikan burung Branjangan di pagi hari dan juga sore hari sebanyak masing-masing 3 ekor.

  • Memandikan 

Memandikan burung Branjangan bisa kamu lakukan di pagi harikurang lebih 5 sampai 10 menit dengan menyemprotkan dengan semprotan dan jangan terlalu basah.

Setelah dimandikan, kamu bisa menjemur dan memberi makan serta vitamin untuk burung Branjangan peliharaan kamu.

Setelah penjemuran 1 sampai 2 jam kamu bisa menempatkan burung disangkar dengan tempat yang tinggi dan jauh untuk dijangkau.

Demikian pembahasan lengkap mengenai ciri-ciri, karakteristik dan juga ,cara merawat burung Branjangan.

- Advertisment -
loading...