4 Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil

asam folat untuk ibu hamil 2
Iklan

Ibu yang sedang hamil jelas membutuhkan suplai nutrisi dan gizi yang tinggi. Berbagai macam olahan yang mengandung kandungan asam folat sangat diperlukan. Asam folat untuk ibu hamil memberikan nutrisi dan mencegah cacat lahir pada bayi. Tentu, semua orang tua selalu menginginkan hal yang terbaik bagi sang bayi. Ternyata, masih banyak manfaat yang harus anda pahami. Inilah manfaat asam folat untuk ibu hamil wajib anda pahami.

Asam folat yaitu vitamin B kompleks yang dapat larut di air. Asam folat bekerja secara aktif untuk membantu memproduksi dan mempertahankan sel baru. Selain itu, asam folat sangat membantu untuk menjaga kandungan agar tetap baik. Memastikan kebutuhan dari nutrisi yang diberikan harus tetap seimbang. Jangan sampai ada yang terlewatkan untuk sang bayi. Ingin tahu apa saja manfaat asam folat untuk ibu hamil? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Sebagai orang tua, tentu harus memahami dengan benar apa saja manfaat dari asam folat. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mencegah Resiko Cacat Lahir

asam folat untuk ibu hamil 1

Bagi seorang ibu, kehamilan merupakan waktu yang di tunggu-tunggu. Karenanya, tidak heran jika harus memberikan banyak nutrisi untuk si kecil. Termasuk dengan menggunakan asam folat yang baik untuk sistem otak dan saraf. Pemberian nutrisi dan zat besi ini sangat berarti agar sang bayi lahir dengan normal.

Terutama, dalam pembentukan organ-organ yang ada dalam tubuh bayi. Dimana, janin harus melakukan perkembangan dengan sangat teliti. Untuk itu, penggunaan asam folat akan sangat membantu dalam mengurangi resiko cacat lahir. Manfaat zat besi untuk ibu hamil begitu berarti dalam penanganan resiko tersebut.

2. Mencegah keguguran

asam folat untuk ibu hamil 2

Tidak bisa dipungkiri, bahwa keguguran dapat disebabkan karena kurangnya nutrisi yang diberikan. Tidak jarang, memberikan anggapan bahwa janin dapat diberikan gizi yang ala kadarnya. Faktanya, justru janin harus diberikan nutrisi yang baik dan seimbang sesuai pada kebutuhannya.

Terutama, asam folat yang membantu agar mencegah keguguran. Nutrisi yang diberikan asam folat untuk ibu hamil sangatlah tinggi dan sesuai pada kebutuhan. Dengan begitu,janin akan tetap sehat dan mengurangi resiko buruk yang dapat terjadi.

Iklan

3. Menghindari Ibu Dari Resiko Anemia

asam folat untuk ibu hamil 3

Percaya atau tidak,ibu yang sedang hamil sangat rentan terkena penyakit berupa anemia. Penyakit ini muncul dan memberikan tekanan yang sangat dalam. Karena, kurangnya sel darah merah menyebabkan ibu menjadi lemas dan susah untuk beraktivitas. Jika tidak diatasi, maka akan berpengaruh terhadap kondisi janin.

Karenanya, pemberian nutrisi sangat penting di masa kehamilan. Asam folat terbukti dapat membantu untuk mempercepat terbentuknya sel darah merah pada tubuh. Dengan begitu, tubuh ibu akan tetap seimbang dan siap beraktivitas.

4. Menstabilkan Kondisi Psikologis Ibu Hamil

Tidak mudah, bagi seorang ibu hamil untuk dapat menjaga janinnya. Karena itu, tidak heran jika pikirannya terkadang membutuhkan bantuan agar stabil. Karena, kestabilan dari pikiran akan mempengaruhi kondisi sang janin. Jangan sampai,ibu hamil merasakan stress yang berlebih.

Kandungan vitamin B kompleks dalam asam folat membantu untuk menstabilkan kondisi tersebut. Dengan begitu, ibu akan jauh lebih rileks dan dapat berpikiran lebih baik. Serta, stress menjadi hilang dengan cepat. Terlebih, tidak ada efek samping asam folat jika digunakan dengan benar.

Itulah manfaat asam folat untuk ibu hamil yang harus di pahami. Dalam penerapannya, tentu tidak boleh terlalu berlebihan. Tetapi,dapat disesuaikan pada kebutuhannya. Selain itu, pastikan kesehatan dari ibu harus tetap terjaga. Semoga bermanfaat !

Video terbaru dari channel resmi Androbuntu: