4 Cara Memilih Pompa Aquarium

pompa aquarium
Iklan

Hobi memelihara ikan memang menjadi pilihan tersendiri bagi beberapa orang. Penggunaan aquarium sangat membantu dalam penempatan ikan. Tetapi, ikan juga membutuhkan kebersihan agar tidak mudah stress dan sehat. Untuk itu, dapat digunakan pompa pada aquarium. Pompa aquarium tidak bisa dipilih secara sembarang. Karena, bila kurang sesuai juga akan percuma dalam penggunaanya. Lebih lengkapnya, ketahui cara memilih pompa aquarium pada artikel ini.

pompa aquarium

Pompa pada aquarium memiliki fungsi yang begitu penting bagi ikan. Dimana, berguna untuk mengalirkan air serta penyaringan agar bersih. Jadi, kotoran yang ada pada tempat dapat diatasi dengan cepat dan efisiens. Selain itu, oksigen juga menjadi lebih terjaga dan dapat digunakan oleh ikan. Tetapi, jangan sampai salah dalam memilih pompa untuk aquarium. Ingin tahu lebih jelasnya? Yuk, simak cara memilih pompa aquarium yang akan kami sampaikan untuk anda.

Cara memilih Pompa Aquarium Berkualitas

Bagi anda yang ingin membeli pompa untuk aquarium maka perlu mengetahui cara agar tidak kecewa.

1. Sesuaikan Ukuran Aquarium

Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu memilih ukuran yang sesuai. Dimana, ukuran dari tempat dapat mempengaruhi kinerja dari pompa. Karena, kualitas dari air juga akan menyesuaikan bagaimana pompa tersebut bekerja.

Penggunaan pompa air aquarium yang baik akan melakukan sirkulasi 2 kali dalam setiap jamnya. Namun, anda juga bisa menyesuaikan dengan ikan yang dipelihara. Karena, beberapa ikan membutuhkan sirkulasi yang lebih tinggi. Tetapi, tetap pastikan bahwa air pada aquarium sesuai untuk sirkulasinya.

2. Sesuaikan Karakteristik Ikan

Setiap ikan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Termasuk dalam penggunaan sirkulasi yang digunakan. Sebagai contoh, saat anda memelihara ikan yang biasa berada di aliran deras kemudian diberikan air tenang. Maka sangat tidak cocok untuk dilakukan.

Iklan

Alangkah baiknya, untuk memahami terlebih dahulu karakteristik dari setiap ikan. Terutama, agar menjaga tetap nyaman dan tidak stress. Perlu anda ketahui, bahwa ikan termasuk dalam salah satu hewan yang mudah stress.

3. Sesuaikan Pemasangan Pompa

Pompa pada aquarium setidaknya terbagi menjadi 3 bagian. Yaitu dipasang untuk dalam,luar maupun amfibi. Setiap pompa memiliki kelebihannya masing-masing. Terutama, agar membuat aquarium menjadi lebih bersih dan ikan nyaman.

Selain itu, untuk pemasangan dari pompa juga harus benar dan tepat. Jika tidak, suara yang dihasilkan akan menjadi lebih kasar dan sangat mengganggu bagi anda. Selain itu, pastikan bahwa pemasangan pompa tidak terlalu berada di bawah namun di tengah. Karena, aliran yang rendah justru memberikan kotoran lebih banyak.

4. Cek Kesesuaian Dengan Peralatan Lainnya

Tidak kalah pentingnya,bagi anda untuk mengetahui apakah pompa tersebut cocok untuk ditambahkan peralatan lainnya. Seperti untuk penambahan cooler,sterilizing light dan lainnya . Karena, hal ini penting sebagai penunjang kualitas dari aquarium yang anda miliki. Bahkan, beberapa pecinta aquascape mewajibkan penggunaan peralatan tambahan.

Jadi, anda harus memahami dan melakukan pengecekan kesesuaian terlebih dahulu. Jangan sampai, anda sudah membelinya dan menyesal karena tidak melakukan pengecekan di awal. Aquarium yang baik umumnya memang diberi pompa serta penambahan peralatan yang bertujuan baik. Disarankan, untuk memilih pompa yang berkualitas tinggi agar anda puas.

Nah, begitulah cara memilih pompa aquarium untuk kebutuhan anda. Dalam pemakaiannya, pompa harus tetap dibersihkan secara berkala. Selain itu, pastikan selalu pompa dalam kondisi yang baik. Semoga bermanfaat !

Video terbaru dari channel resmi Androbuntu: